BNN Test Urine Mendadak Pilot dan Awak Pesawat, Hasilnya?

BNN Test Urine Mendadak Pilot dan Awak Pesawat, Hasilnya?
ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com - MALANG – Suasana ruang tunggu khusus bagi penyandang disabilitas di Bandara Abd Saleh, Malang, kemarin pagi, berbeda dari biasanya. Pasalnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang sedang melakukan test urine mendadak di tempat tersebut.

Tes urine itu, ditujukan kepada pilot dan awak pesawat terbang dari seluruh maskapai penerbangan. Dalam pelaksanaanya, tes urine yang dilakukan BNN Kabupaten Malang ini bekerjasama dengan UPT Bandara Abd Saleh dan TNI AU Lanud Abd Saleh.

Tes urine itu bertujuan memberikan rasa nyaman bagi para penumpang, sekaligus memastikan tidak ada pilot dan awak pesawat yang terindikasi mengkonsumsi narkoba.

Satu per satu pilot dan awak pesawat yang hendak lepas landas, terlebih dahulu dilakukan tes urine. Mereka tanpa canggung mengambil wadah kecil sebagai penampung urine mereka. Masing-masing pilot maupun awak pesawat terbang, bergantian masuk ke dalam kamar mandi yang telah disediakan di ruang tunggu difabel tersebut.

Kemudian, mereka menyerahkan urine kepada petugas BNN, untuk dilakukan pengecekan apakah yang bersangkutan memakai narkoba atau tidak.

Danlanud Abd Saleh, Marsma TNI Djoko Senoputro, turut mematau test urine tersebut. Jenderal bintang satu TNI AU ini sangat mendukung kegiatan tersebut.

“Tes urine ini untuk memastikan kondisi penerbangan yang landing maupun take off terbebas dari narkoba,” ujar Marsma TNI Djoko Senoputro.

Ia menjelaskan terdapat sembilan penerbangan di Bandara Abd Saleh dalam seharinya. Seluruh pilot dan awak pesawat di sembilan penerbangan itu tidak luput dari tes urine.

MALANG – Suasana ruang tunggu khusus bagi penyandang disabilitas di Bandara Abd Saleh, Malang, kemarin pagi, berbeda dari biasanya. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News