Jokowi Minta Selesaikan Masalah Alih Status PTS menjadi PTN

Jokowi Minta Selesaikan Masalah Alih Status PTS menjadi PTN
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla saat memimpin rapat terbatas terkait pengalihan PTS ke PTN di kantor kepresidenan, Rabu (6/1). Foto : Natalia Laurens/jpnn

jpnn.com - JAKARTA--Presiden Joko Widodo meminta Menristek dan Dikti menyelesaikan masalah alih status Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Menurutnya, meski sudah ada moratorium terkait peralihan, masih tersisa sejumlah masalah yang harus diselesaikan.

"Baik yang berkaitan dengan lahan, serah terima aset, serta status dosen dan pegawai yang jumlahnya kurang lebih 4300-an orang. saya kira itu perlu segera diselesaikan,” tegas pria yang akrab disapa Jokowi itu saat memimpin rapat terkait peralihan PTS menjadi PTN di Istana, Rabu (6/1).

Proses penegerian 29 PTS sudah dimulai 5 tahun yang lalu tepatnya 2010. Menurut Jokowi, kebijakan itu cukup memberi kemajuan pada pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia.

"Ini cukup baik untuk meningkatkan  akses pendidikan dan pemerataan pendidikan tinggi di seluruh Indonesia khususnya di daerah-daerah terdepan, terluar, dan tertinggal,” imbuhnya.

Namun, ia mengatakan, dengan pertimbangan masih adanya permasalahan yg mengiringi proses penegerian PTS-PTS itu, pemerintah telah melakukan moratorium  perubahan PTS menjadi PTN terhitung sejak 1 Agustus 2014. Hingga saat ini moratorium tersebut masih berlaku sampai ada penyelesaian masalah-masalah oleh kementerian terkait. (flo/jpnn)


JAKARTA--Presiden Joko Widodo meminta Menristek dan Dikti menyelesaikan masalah alih status Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News