Danlantamal XII Pontianak sudah Sertijab

Danlantamal XII Pontianak sudah Sertijab
Suasana prosesi serah terima jabatan / Rakyat Kalbar

jpnn.com - PONTIANAK- Komandan Lantamal (Danlantamal) XII Pontianak resmi serah terima jabatan dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Heru Santoso kepada Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) M. Hari. 

Prosesi digelar di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal XII, Pontianak Barat, kemarin (7/1), dan dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI A. Taufiq R.

"Sertijab ini merupakan proses kesinambungan pembinaan dan upaya pengembangan organisasi, dalam rangka penyegaran, pengembangan karier dan peningkatan kinerja guna mencapai tujuan organisasi TNI AL yang lebih baik," kata Taufiq usai memimpin upacara kepada Rakyat Kalbar (grup JPNN).

Menurutnya, wilayah kerja Lantamal XII sangat strategis, karena berbatasan langsung dengan Malaysia dan berpotensi menimbulkan permasalahan. Khususnya batas wilayah daratan dan laut kedua negara. Seperti kasus perbatasan di Tanjung Datu yang terjadi beberapa waktu lalu. 

Kemudian Laut Natuna yang kaya dengan sumber daya ikan, berdampak pada sering terjadinya illegal fishing oleh nelayan asing dan nelayan lokal, illegal logging, illegal minning, human trafficking, penyelundupan Narkoba, TKI illegal, dan pelanggaran lintas batas. 

"Permasalahan tersebut menjadi hal khusus yang harus diwaspadai oleh Lantamal XII. Keberadaan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI I) di perairan barat Kalimantan, merupakan alur pelayaran yang dilalui kapal-kapal asing maupun lokal, maka harus terjamin keamanannya," tegasnya.

Sementara terhadap Brigjen TNI (Mar) M. Hari, dia mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan Pemimpin TNI AL, untuk menjabat sebagai Danlantamal XII. 

"Saya berharap Danlantamal yang baru mampu mengemban tugas dengan baik, serta memanfaatkan kesempatan ini dalam rangka pengembangan potensi diri dan meraih prestasi dalam penugasan di  wilayah," harapnya. (rakyatkalbar/dkk/jpnn)


PONTIANAK- Komandan Lantamal (Danlantamal) XII Pontianak resmi serah terima jabatan dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Heru Santoso kepada Brigadir


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News