Tarakan Digoyang Gempa Lagi, Cukup Besar

Tarakan Digoyang Gempa Lagi, Cukup Besar
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - TARAKAN – Gempa kembali menghantam Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat (8/1) kemarin. Gempa berkekuatan 4,2 Skala Richter tersebut terjadi sekitar pukul 01:27 dini hari Wita.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi dan GeoFisikika (BMKG), gempa terjadi pada posisi lintang 3,61 N dan bujur 117.71 E, dengan kedalaman sekitar sepuluh kilometer.

“Lokasinya masih sama, di sebelah tenggaranya Tana Lia sekitar pukul 01.27 malam tadi,” kata Forcester BMKG, William.

Dia menambahkan, gempa yang terjadi sekitar 2 detik tersebut tidak berpotensi tsunami. Penyebabnya pun masih sama seperti sebelumnya, yakni siklus dari gempa besar yang terjadi karena pergerakan sesar aktif.

Gempa ini termasuk kategori gempa susulan dari sisa energi yang belum dikeluarkan oleh gempa yang pernah terjadi beberapa waktu lalu. Sebelumnya, gempa juga terjadi di Sulawesi Utara pada pukul 23.39 wita Kamis (7/1) malam. Kekuatannya hampir sama, 4,4 Skala Richter. (zia/jos/jpnn)


TARAKAN – Gempa kembali menghantam Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat (8/1) kemarin. Gempa berkekuatan 4,2 Skala Richter tersebut terjadi sekitar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News