Tratakdungces.. Ini Manfaat Menyanyi untuk Kesehatan

Tratakdungces.. Ini Manfaat Menyanyi untuk Kesehatan
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - LONDON – Menyanyi bukan hanya bermanfaat untuk mengusir kejenuhan setelah menjalani aktivitas padat. Menyanyi ternyata juga memiliki dampak positif bagi kesehatan.

Sebuah penelitian dari Finlandia menemukan bahwa menyanyi bisa meningkatkan fungsi otak dan suasana hati orang dengan demensia tahap awal. Penelitian ini melibatkan 89 orang dengan demensia ringan sampai sedang.

Selama 10 minggu, mereka dilatih menyanyi, mendengarkan lagu-lagu familiar atau menerima perawatan standar. Hasilnya, mereka menunjukkan perbaikan dalam memori, kemampuan berpikir dan menemukan jalan di sekitar.

"Mengingat prevalensi global yang meningkat dan beban demensia dan sumber daya yang terbatas dalam perawatan kesehatan masyarakat bagi penyandang demensia dan pengasuh keluarga mereka, penting untuk menemukan cara-cara alternatif untuk mempertahankan dan merangsang fungsi kognitif, emosional dan kesejahteraan," kata pemimpin studi, Teppo Sarkamo, seperti dilansir laman Health, Minggu (10/1).

"Temuan kami menunjukkan bahwa bernyanyi bisa dengan mudah diterapkan dan banyak digunakan dalam perawatan demensia dan rehabilitasi," pungkas Sarkamo. (fny/jpnn)


LONDON – Menyanyi bukan hanya bermanfaat untuk mengusir kejenuhan setelah menjalani aktivitas padat. Menyanyi ternyata juga memiliki dampak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News