Inilah Sosok Aktivis Lingkungan yang Dipilih Jokowi jadi Kepala BGR

Inilah Sosok Aktivis Lingkungan yang Dipilih Jokowi jadi Kepala BGR
Jokowi saat memantau lahan Gambut yang terbakar di Kalsel. Di sana Jokowi sempat dibohongi bawahannya yang melakukan pemadaman kebakaran lahan saat dirinya memantau. Itu terungkap setelah dia kembali ke lahan gambut sesaat kemudian setelah acara seremonial bubar/ dok Prokal

jpnn.com - JAKARTA-Presiden Joko Widodo memilih Nazir Foead, aktivis lingkungan hidup dari WWF Indonesia untuk memimpin Badan Restorasi Gambut (BRG). Badan tersebut baru dibentuk awal 2016 ini dengan harapan bisa memberi solusi dan pencegahan kebakaran lahan gambut serta hutan setahun lalu. Nazir mengatakan, sebelum dipilih, ia bekerja lembaga donor.

"Saya bekerja di lembaga donor. Yaitu lembaga yang memberi dana untuk NGO, perguruan tinggi dan masyarakat adat," ujar Nazir dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1)malam. ‎

Nazir mengaku, kariernya ini dimulai dari hutan ke hutan saat bekerja di WWF Indonesia. Setelah menapaki kehidupan hutan, pria kelahiran Medan itu, kemudian menjadi salah satu tokoh penentu kebijakan di WWF.

Setelah terbentuk BRG ini, Nazir berhara semua pihak berpartisipasi untuk membantu memperbaiki lahan gambut dan mencegah kebakaran selanjutnya.

Ia juga mengingatkan dunia usaha agar tidak antipati terhadap lembaga baru tersebut. Pasalnya, BRG dibuat untuk memperbaiki gambut, bukan bermusuhan dengan dunia usaha. Ini akan dikerjakan dengan perguruan tinggi, dunia usaha sendiri, dan kelompok masyarakat adat.

"Saya mohon, teman-teman dunia usaha tidak melihat badan ini kerja semata-mata hanya mementingkan lingkungan tapi kami juga untuk kelanjutan ekonomi seluas-luasnya. Masyarakat yang monitoring ini," ujar alumni UGM, Fakultas Kehutanan tersebut. (flo/jpnn)


JAKARTA-Presiden Joko Widodo memilih Nazir Foead, aktivis lingkungan hidup dari WWF Indonesia untuk memimpin Badan Restorasi Gambut (BRG). Badan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News