Sistem Terkoneksi, Pembangkit 35 Ribu Mw Perkuat Sistem Kelistrikan Sulut dan Gorontalo

Sistem Terkoneksi, Pembangkit 35 Ribu Mw Perkuat Sistem Kelistrikan Sulut dan Gorontalo
Sistem Terkoneksi, Pembangkit 35 Ribu Mw Perkuat Sistem Kelistrikan Sulut dan Gorontalo

jpnn.com - JAKARTA - Pembangkit pertama dalam Mega Proyek 35 ribu Mw, PLTG Gorontalo, telah berhasil masuk sistem interkoneksi kelistrikan sebesar 150 kilo Volt (kV) ke Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo). Itu terjadi setelah sehari sebelumnya pembangkit PLTG Gorontalo melalui uji coba tegangan pada Jumat, (15/1) kemarin.

"Tepat pukul 12.30 WITA, PLTG Gorontalo akhirnya masuk ke dalam interkoneksi sistem listrik Sulutgo dengan daya sebesar 25 Mw. Nantinya akan segera menyusul 25 Mw berikutnya yang akan masuk juga ke dalam sistem," ujar Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara, Machnizon Masri dalam siaran persnya, Sabtu (16/1).

Machnizon menjelaskan, PLTG Gorontalo merupakan pembangkit listrik pertama yang berhasil rampung dalam mega proyek 35 ribu Mw. PLTG ini menggunakan mesin generator milik General Electric (GE) asal Amerika dengan tipe TM 2500+, yang merupakan mesin buatan Pabrik GE di Hungaria.

"Secara keseluruhan PLTG Gorontalo yang dibangun sejak 19 september 2015 ini nantinya akan menyuplai listrik sebanyak 100 Mw. Namun untuk tahap pertama, diprioritas untuk dua mesin unit pembangkit terlebih dahulu. Ini demi mengejar penambahan pasokan listrik untuk Sulutgo terutama wilayah Gorontalo," papar dia.

Sementara itu, dua unit lainnya yang masing-masing berkapasitas 25 Mw direncanakan akan segera masuk pada Februari 2016.

"Dengan kerja keras semua tim yang ada di lapangan, saya optimis dua mesin lainnya akan segera berfungsi pada Februari, yang artinya akan bisa menambah pasokan listrik hingga 100 Mw bagi masyarakat," tambah Machnizon.

Di samping itu, secara bersamaan PLN juga telah berhasil merampungkan Gardu Induk (GI) PLTG Gorontalo, serta pembangunan 6 Tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) PLTG Gorontalo – GI Marisa berkapasitas 150 kilo Volt (kV) dengan panjang 1,4 kilo meter sirkit (kms). (chi/jpnn)


JAKARTA - Pembangkit pertama dalam Mega Proyek 35 ribu Mw, PLTG Gorontalo, telah berhasil masuk sistem interkoneksi kelistrikan sebesar 150 kilo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News