Jelang Gerhana Matahari, Tarif Hotel Melonjak Tajam

Jelang Gerhana Matahari, Tarif Hotel Melonjak Tajam
Bela Internasional Hotel di Ternate. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - TERNATE – Tarif hotel dan rental mobil di Ternate menjelang gerhana matahari total (GMT) Maret 2016, melonjak tajam.

Di Bela Internasional Hotel di Kota Ternate, tarif kamar tipe standard naik gila-gilaan dari Rp 800 ribu menjadi Rp 1.350.000 per malam. Sedangkan jenis kamar yang akan digunakan salah satu putri Kerajaan Thailand, melonjak signifikan dari Rp 9 juta menjadi Rp 15 juta per malam.

“Tarif kamar di Bela Internasional Hotel naik tinggi,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate, Samsuddin Muhamad seperti dilansir Harian Malut Post (Grup JPNN.com), Minggu (17/1).

Selain itu, tarif mobil rental yang biasanya Rp 500 ribu per hari, melonjak hingga Rp 700 ribu - Rp 800 ribu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maluku Utara (Malut) Christoper Herliem, mengatakan sebetulnya mereka menyepakati kenaikan tarif hotel maksimal 20 persen. Namun ada yang menaikan tarif lebih dari 100 persen.

“Kami harap pemkot mengontrol kenaikan tarif hotel yang terlampau tinggi,” kata Christoper Herliem.

Menanggapi hal ini, Pj. Wali Kota Ternate Idrus Assagaf, berjanji akan melakukan rapat dengan PHRI, sehingga ada keputusan dari pemerintah tentang standar harga. Termasuk harga mobil rental yang menjadi tanggung jawab Dishubkominfo.

“Harusnya momen seperti ini, pengusaha tidak menaikkan harga yang terlalu tinggi, sehingga tamu-tamu ini bisa balik lagi. Kalau tidak setelah GMT turis kapok kembali ke Ternate. Kalau seperti itu pengusaha juga yang rugi,” ujarnya.(udy/cr-03/nty/onk/fri/jpnn)


TERNATE – Tarif hotel dan rental mobil di Ternate menjelang gerhana matahari total (GMT) Maret 2016, melonjak tajam. Di Bela Internasional


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News