TOP! Di Sekolah Ini 97 Persen Siswanya Jujur

TOP! Di Sekolah Ini 97 Persen Siswanya Jujur
Siswa SMPN 11 Padang sedang belajar. Foto: Padang Ekspres/JPG

jpnn.com - PADANG - SMPN 11 Padang meraih penghargaan sekolah berintegritas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

SMPN 11 Padang terletak di Jalan Raya Indarung, Lubukkilangan, Padang. Sekolah terlihat asri karena banyak ditumbuhi pepohonan. Tak ada sampah berserakan di halaman sekolah maupun ruang kelas. Para pelajar terlihat serius memperhatikan materi yang diberikan guru.

Kepala SMPN 11 Padang Suindra menceritakan, awalnya dia tak pernah berpikir tentang penghargaan sekolah berintegritas tersebut. Dia hanya berusaha melakukan yang terbaik. Dia tidak pernah berpikir slogan jujur dan berprestasi mendapat perhatian serius pemerintah.

Penelitian Kemendibud, persentase kejujuran di SMP yang dia komandoi mencapai 97, 27 persen, hanya 2,73 persen yang tidak jujur.

Dia mengaku tak punya trik khusus menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada siswa-siswinya. “Sekolah hanya memfokuskan pada penanaman nilai-nilai ibadah,” ungkap kepala sekolah yang terkenal dekat dengan para siswa ini.

Nilai ibadah yang dimaksudnya adalah, orang yang ibadahnya bagus, dapat dipastikan prestasinya juga bagus. Demikian pula dengan kejujuran seseorang. Setiap apel pagi selalu yang ditanyakan kepada siswa-siswi adalah tentang shalat.

“Siswa-siswi yang mendirikan ibadah dengan baik dapat memberi pengaruh besar terhadap perilaku ketika berada di sekolah, seperti mengerjakan tugas dan ujian dengan jujur,” terang Suindra.

Suindra mencontohkan, salah seorang siswanya yang kurang disiplin menjadi penurut ketika hatinya telah tergugah. Siswanya tak malu mencium kening orangtuanya ketika menyadari kesalahan yang telah dia perbuat.

PADANG - SMPN 11 Padang meraih penghargaan sekolah berintegritas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. SMPN 11 Padang terletak di Jalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News