Terinspirasi Dari Sang Ayah, Perempuan Ini Mahir Menjinakkan Bom

Terinspirasi Dari Sang Ayah, Perempuan Ini Mahir Menjinakkan Bom
ILUSTRASI. FOTO: Radar Malang/JPNN.com

jpnn.com - Polisi Wanita (Polwan) yang menjadi anggota Brigadir Mobil (Brimob) di Indonesia, memang bisa terhitung jari. Seperti AKP Yokbeth Wally, sosok perempuan ini bisa di bilang tangguh dan suka-tantangan. Sebab, sejak kecil ia berkeinginan menjadi seorang polisi, yang terispirasi dari sang ayah, AKBP Yunus Wally, Kapolres Pegunungan Bintang, Papua.

Awal perjalanan menjadi seorang Polwan satu-satunya di Markas Detasemen B Pelopor Satbrimob Polda Jatim, Yokbeth menceritakan, sejak kecil memang sudah berkeinginan menjadi seorang polisi, lantaran dukungan dari seorang ayahnya, AKBP Yunus Wally.

“Ayah saya dulu seorang anggota polisi Brimob, dari sosok itulah kedepannya saya punya tekat dan ambisi untuk menjadi seorang polisi,” ungkap perempuan satu anaik ini seperti dilansir Malang Post (Grup JPNN.com), Selasa (19/1).

Dari keturunan sang ayah yang menjadi anggota polisi, mulai duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Yokbeth sering di latih ayahnya, lari, renang dan tantangan. Dari situlah ada dorongan dan semangat yang tinggi untuk menjadi seorang polisi.

“Pulang sekolah saya sering diajak ayah ikut latihan renang, terjun, lari dan menembak. Lama-kelamaan saya malah lebih suka hal-hal yang menantang adrenalin,” terang perempuan 28 tahun ini.

Perempuan pasangan dari AKBP Yunus Wally dan Asnat Teresia ini, usai menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), sudah berkeinginan mendaftarkan diri menjadi anggota polisi. Akhirnya, ia berkoordinasi dengan ayahnya dan sangat mendukung keinginan tersebut.

Sebelum pengumuman kelulusan sekolah, saya sudah mendaftarkan diri di Akademi Polisi (Akpol) Semarang melalui psikotes tulis dan wawancara. Usai kelulusan sekolah di umumkan, ia masih menunggu hasil pengumuman dari sekolah Akpol tersebut.

“Pengumuman sekolah selesai, baru saya menunggu pengumuman dari Akpol di Semarang, ternyata yang mendaftar sekitar 300 peserta, yang lolos ada 284 terdiri dari 40 perempuan termasuk saya, dan sisanya laki-laki,” tegas perempuan kelahiran Jayapura, 6 Juni 1987 ini.

Polisi Wanita (Polwan) yang menjadi anggota Brigadir Mobil (Brimob) di Indonesia, memang bisa terhitung jari. Seperti AKP Yokbeth Wally, sosok perempuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News