Paksa Anak Putus Sekolah, Gabung Gafatar ke Kalimantan

Paksa Anak Putus Sekolah, Gabung Gafatar ke Kalimantan
Suasana di camp atau pemukiman Gafatar di Mempawah Timur yang sengaja dibakar oleh warga untuk mengusir mereka. FOTO: Rakyat Kalbar

jpnn.com - PADANGSIDIMPUAN – Ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) rupanya pernah beraktivitas di Kota Padangsidimpuan (Psp), Sumut. Bahkan, Gafatar terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) setempat.

Di sana, ormas yang belakangan menjadi sorotan public itu memiliki sekretariat di Desa Aek Bayur, Kecamatan Psp Batunadua. Gafatar juga sempat melakukan kegiatan sosial. Namun, pada akhir tahun 2015, Gafatar ‘menghilang’ dari Psp.

Di Kota Padangsidimpuan, Pengikut Gerakan Fajar Nusantara memaksa anak-anak mereka untuk berhenti sekolah, dan melanjutkan perjalanan ke Kalimantan. Hal itu diungkap keluarga dari pengikut Gafatar Psp, Senin (18/1) kepada Metro Tabagsel (Jawa Pos Group), yang bernama Abdul Rahman Silitonga.

Pria yang kesehariannya sebagai kuli bongkar muat di daerah Palopa, Psp Tenggara ini, masih tampak sedih. Pasalnya, puterinya, Mira Lisda br Silitonga turut bersama menantunya, Enuh Ruhiyat dan tiga cucunya berangkat ke Kalimantan untuk eksodus bersama pengikut Gafatar lainnya.

Bahkan, meski sudah dilarang, keluarga itu tetap memutuskan untuk berangkat tanpa pamit kepadanya dan istri, Nur Suti.

“Mereka pergi tanggal 4 November 2015. Sudah saya bilang tidak usah pergi, karena setahu saya Gafatar mereka ini menyimpang, bahkan sudah pernah kami panggil semuanya bersama si Irsan Dalimunthe dan adiknya si Doktoral, sebutannya, ke kantor kepala desa. Tapi, mereka perginya diam-diam,” jelasnya.

Bahkan, anak dari puterinya itu, atau cucunya, yang masih duduk di kelas 4 SD itu dipaksa berhenti sekolah untuk mengikuti kedua orangtuanya berangkat entah ke mana.

“Kurang tahu ke mana. Anak mereka sudah kelas 4 SD lah ini, sekolahnya pun sekolah agama di MIN 2 itu. Pintar anaknya, bahkan sebelum berangkat, saya bawa cucuku itu ke Padang supaya jangan dibawa pada Oktober kemarin. Tapi, mereka masih menunggu, lima hari setelah saya pulang, mereka rupanya sudah pergi secara diam-diam pada 4 November,” terangnya.

PADANGSIDIMPUAN – Ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) rupanya pernah beraktivitas di Kota Padangsidimpuan (Psp), Sumut. Bahkan, Gafatar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News