Horeee...Nasib Bandara Warasaba Semakin Terang

Horeee...Nasib Bandara Warasaba Semakin Terang
Horeee...Nasib Bandara Warasaba Semakin Terang

jpnn.com - PURBALINGGA- Simpang siur kabar dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub RI) soal realisasi bandara komersil Wirasaba akhirnya sedikit terjawab. Meski baru secara lisan, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan setuju dengan realisasi Bandara komersil Wirasaba.

Hal itu dikatakan Pj Bupati Purbalingga, Budi Wibowo kepada wartawan, Rabu (20/1). Bahkan lima Kepala Daerah di wilayah Jateng Selatan juga menyambut baik pernyataan Menteri Jonan itu. 

"Meski baru sebatas pemberitahuan lisan, namun sudah menjadi poin tersendiri bagi pemkab. Artinya sekarang sudah ada lampu hijau dan realisasi sudah ditangan. Bisa dikatakan juga, pemerintah pusat mengakomodasi kepentingan daerah," jelas Budi. 

Kabar baik itu bukan berarti membuat pemkab semakin gencar melakukan upaya-upaya persiapan. Saat ini masih ada beberapa tahapan untuk segera mewujudkan Wirasaba menjadi bandara komersil.

Tahapan itu diantaranya terkait izin prinsip, izin pemanfaatan sebagian benda negara oleh Kementrian Keuangan selaku pemilik aset serta pernyataan bersama yang dilakukan oleh pemerintah daerah, Kementrian Perhubungan, Dirjen Perhubungan Udara serta Departemen terkait lainnya.

"Karena info sudah jelas, maka kami di pemerintahan kabupaten di lima kabupaten tinggal menunggu arahan dari pusat yang mekanismenya akan diturunkan melalui provinsi terlebih dahulu," tambahnya.

Budi juga kembali mengingatkan, meski sifatnya masih menunggu, Pemkab Purbalingga mengaku sudah mulai lebih awal dengan mempersiapkan draft MoU untuk tahapan pernyataan bersama dengan empat kabupaten tetangga.

"Kami sudah siapkan draft MoU. Sementara saat ini untuk persiapan sarana dan prasarana masih menunggu arahan resmi dari pusat," katanya. (amr/dil/jpnn)


PURBALINGGA- Simpang siur kabar dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub RI) soal realisasi bandara komersil Wirasaba akhirnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News