BKN: Silakan Pemda Buat Analisa Kebutuhan Pegawai

BKN: Silakan Pemda Buat Analisa Kebutuhan Pegawai
ILUSTRASI. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan hingga saat ini pemerintah belum membuka formasi CPNS 2016. Meski begitu, pemerintah daerah sudah melakukan analisa kebutuhan pegawai sehingga bila ada peluang pengajuan formasi, sudah tergambah berapa yang dibutuhkan.

“Silakan membuat analisa kebutuhan pegawai, ini agar diketahui kuantitas dan kapasitas aparatur sipil negara yang dibutuhkan,” kata Kepala Biro Humas BKN Tumpak Hutabarat, Jumat (22/1).

Menurut Tumpak, banyak daerah yang kekurangan pegawai lantaran ditinggalkan putra non daerah begitu sudah dinyatakan lulus CPNS. Itu sebabnya daerah perlu menyusun perjanjian kerja antara pemda dengan pelamar saat rekrutmen CPNS.

“Pemda sebaiknya membuat perjanjian yang wajib diteken pelamar tentang masa kerja minimal yang harus dijalankan pelamar jika sudah lulus tes,” ujarnya.

Tumpak mengarahkan perjanjian yang sudah diteken kedua belah pihak perlu ditegakkan agar berjalan dengan baik sehingga kebutuhan terhadap pegawai dapat terpenuhi. “Legislatif dan eksekutif pada struktur pemerintah daerah harus mengawal implementasi hal-hal yang tertuang dalam perjanjian. Jangan sampai perjanjian menjadi tidak berarti karena tidak ditegakkan,” tandasnya.(esy/jpnn)


JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan hingga saat ini pemerintah belum membuka formasi CPNS 2016. Meski begitu, pemerintah daerah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News