10 Keanehan Tangan Robot Milik Tawan Si Iron Man Bali

10 Keanehan Tangan Robot Milik Tawan Si Iron Man Bali
Tawan. Foto: Bali Express

jpnn.com - BALI – Tawan sempat membuat kehebohan karena berhasil membuat tangan robot untuk dirinya. Pria asal Bali itu tak hanya mencengangkan warga Indonesia, tetapi juga publik dunia.

Namun, tangan robot milik pria yang dijuluki Iron Man Bali itu kini mengundang kontroversi. Adalah blogger I Wayan Sutawan yang menaruh curiga terhadap tangan robot Tawan..

Pemilik situs KOPiAPP.com itu tak yakin tangan robot yang dibuat Tawan asli.

Dalam laman yang dikelola Muhammad Akram tersebut ditulis sepuluh argumen untuk memastikan bahwa tangan robot dan sistem sensor yang dibuat Tawan masih perlu dipertanyakan lagi.

Berikut argumentasinya:

1. Persendian lengannya masih bisa dibilang longgar, keliatan waktu dia lagi masang lengannya, tapi lucunya respon ke pergerakan tangannya cepat + pasti (ga salah2 gerak). Ini ga mungkin. Ibarat tarikan motor yang rantainya kendor sama yang pas. Pasti ngertilah maksud saya.

2. Gear nya banyak di luar, bisa dibongkar pasang. Ajaib, gerakannya cepat + leluasa. Yang lebih ajaib lagi, gear nya ga lepas.

3. Pergerakan tangannya terlalu biologis. Sedangkan dimana2 yang namanya benda mekanis itu gerakannya masih kaku. Banyak jeda pergerakan walaupun cuma beberapa milidetik. Bahkan asimo yang didevelop langsung oleh orang2 ahli dengan sarana mendukung pun, gerakannya juga masih bener2 terasa kayak robot kan? Nah dia saya lihat di bagian2 akhir video, gerakannya leluasa banget persis tangan asli.

BALI – Tawan sempat membuat kehebohan karena berhasil membuat tangan robot untuk dirinya. Pria asal Bali itu tak hanya mencengangkan warga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News