Lihat...Banjir Setinggi Pinggang Rendam Pasar Youtefa

Lihat...Banjir Setinggi Pinggang Rendam Pasar Youtefa
Banjir melanda Distrik Abepura, Jayapura, termasuk di kawasan Pasar Youtefa. Foto: dok/Cenderawasih Pos

jpnn.com - JAYAPURA - Banjir merendam Pasar Youtefa, Abepura, Jayapura, usai hujan deras mengguyur Kota Jayapura dan sekitarnya sejak Minggu (24/1) malam hingga Senin (25/1) dini hari. 

Banjir memang sudah berulang kali terjadi sejak pasar ini dioperasikan, dan kali ini membuat pedagang di pasar tersebut merugi jutaan rupiah.

Ketinggian air yang menggenangi Pasar Youtefa menurut beberapa pedagang sudah setinggi pinggang, hampir mencapai dada orang dewasa. Air yang menggenangi Pasar Youtefa ini berasal dari luapan drainase yang ada di dalam pasar. Kondisi  ini makin diperrah dengan jebolnya talud yang sementara dibangun di dekat Pasar Youtefa yang mengakibatkan air dari Jalan Baru Youtefa masuk ek dalam pasar. 

Idris salah seorang warga yang tinggal di dalam lokasi pasar mengatakan, banjir yang terjadi di awal tahun ini bukan hal baru bagi para pedagang. Sebab kondisi ini sudah sering terjadi apabila hujan deras melanda Kota Jayapura. “Jadi kalau sudah hujan deras seperti tadi malam, kami sudah siap-siap amankan barang kami,” tuturnya, seperti dikutip dari Cenderawasih Pos, Selasa (26/1). 

Marni salah seorang pedagang sembako mengharapkan pemerintah dapat segera mengambil tindakan ril. Pasalnya banjir yang sudah menjadi ‘langganan’ Pasar Youtefa membuat ia dan pedagang lainnya rugi. “Setiap banjir barang jualan kami terendam air, ini sudah tentu membuat kami rugi,” sesalnya. 

Akibat banjir yang menggenangi Pasar Youtefa, para pedagang utamanya pedagang sayur, buah-buahan dan bumbu dapur berjualan di pinggir Jalan Baru Pasar Youtefa. Hal ini mengakibatkan arus lalu lintas di Jalan Baru Youtefa sedikit tersendat.    

Sementara Kepala UPT Pasar Youtefa, Tonce Sibri yang dihubungi via ponselnya mengatakan dari keseluruhan lokasi pasar yang terendam, terminal merupakan tempat yang paling parah karena menjadi tempat terendah. Di lokasi ini air bisa mencapai pinggang orang dewasa. 

Mengenai air yang masuk ke pasar, Tonce mengatakan hal tersebut terjadi karena tembok yang menjadi penahan air sudah roboh sehingga air kiriman dari Kotaraja bermuara di pasar. Tonce menyebut bahwa seharusnya dalam pembuatan talud atau drainase yang sedang dikerjakan saat ini juga memikirkan soal tembok penahan air.

JAYAPURA - Banjir merendam Pasar Youtefa, Abepura, Jayapura, usai hujan deras mengguyur Kota Jayapura dan sekitarnya sejak Minggu (24/1) malam hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News