Menteri Anies: Jangan Pakai Bullying, Perundungan Aja Ya

Menteri Anies: Jangan Pakai Bullying, Perundungan Aja Ya
Anies Baswedan. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mencanangkan Gerakan Anti Kekerasan di Lingkungan Pendidikan. Gerakan ini merupakan bentuk perlindungan terhadap anak di lingkungan sekolah yang telah diatur di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Sekolah.‎

"Selama ini, tindak kekerasan di sekolah tidak dianggap sebagai permasalahan pendidikan, mulai sekarang ini jadi masalah pendidikan. Kami berharap permasalahan-permasalahan ini nanti bisa sama-sama dicegah," ujar Mendikbud, Selasa (26/1).

Dengan adanya pencanangan Gerakan Anti Kekerasan di Lingkungan Pendidikan ini, setiap sekolah diwajibkan memasang papan informasi nomor telepon kantor polisi dan tempat-tempat terkait lainnya.

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015, pemerintah daerah atau Dinas Pendidikan dapat menindak sekolah yang terdapat aksi kekerasan. 

Anies juga memberikan penjelasan tentang bullying dan bagaimana bentuk pencegahan, penanggulangan, dan pemberian sanksi.

"Setiap siswa harus peduli, temannya peduli, gurunya peduli, kepsek juga harus peduli. Biasanya di sekolah itu terjadinya perundungan, itubullying tapi bahasa Indonesianya perundungan. Mulai sekarang ke depan pakai kosakatanya perundungan, jangan lagi bullying ya," tuturnya. (esy/jpnn)

 

 

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mencanangkan Gerakan Anti Kekerasan di Lingkungan Pendidikan. Gerakan ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News