Google Memperingati Hari Lahir Beatrice Tinsley...Siapa kah Dia?

Google Memperingati Hari Lahir Beatrice Tinsley...Siapa kah Dia?
Laman Google hari ini. Foto: dok jpnn

jpnn.com - GOOGLE hari ini, Rabu (27/1), kembali hadir dengan doodle baru di laman situsnya. Doodle kali ini dipersembahkan untuk memperingati hari kelahiran astronom terkemuka asal Selandia Baru, Beatrice Tinsley.

Doodle terbaru Google tampil dengan desain sederhana yang memperlihatkan seorang perempuan sedang asing mengamati alam semesta menggunakan teleskopnya. Doodle ini hanya muncul untuk pengguna Google di Amerika Serikat, Indonesia, Jepang, Australia dan Selandia Baru, Swedia, Portugal serta beberapa negara lainnya.

Beatrice Tinsley lahir di Chester, Inggris, 75 tahun lalu dengan nama lengkap Beatrice Muriel Hill Tinsley. Dia berimigrasi ke Selandia Baru bersama keluarganya setelah Perang Dunia II. 
 
Dia dikenal sebagai pionir dalam studi mengenai bagaimana galaksi berevolusi dari waktu ke waktu. Tinsley juga membuat model galaksi yang kemudian mengilhami perkiraan pertama mengenai bagaimana bentuk sebuah protogalaksi.

Pada tahun 1978, Tinsley mencapai puncak kariernya setelah ditunjuk menjadi profesor astronomi di universitas ternama Amerika Serikat, Yale. Sayangnya tiga tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 23 Maret 1981, Tinsley meninggal dunia karena penyakit kanker dalam usia 40 tahun.

Setelah kepergiannya, berbagai bentuk penghormatan diberikan kepada Tinsley untuk mengenang jasa-jasanya. Pada tahun 2010, pemerintah Selandia Baru mengabadikan nama sang astronom sebagai nama salah satu gunung di Pegunungan Fiorlands Kepler. (dil/jpnn)

GOOGLE hari ini, Rabu (27/1), kembali hadir dengan doodle baru di laman situsnya. Doodle kali ini dipersembahkan untuk memperingati hari kelahiran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News