Obituari untuk Orang Berprestasi

Oleh Dahlan Iskan

Obituari untuk Orang Berprestasi
Dahlan Iskan (tengah) memberikan pesan dan kesan didampingi anak pertama Alm. Djoko Susilo, Reza Zafiruddin (kiri keempat), Menteri Sekertaris Negara Pratikno (kiri ketiga), Ketua Tim Transisi Kemenpora Gatot Dewobroto (kanan kelima) dan kerabat serta teman saat mendatangi rumah duka Mantan Dubes Swiss RI Djoko Susilo, di Bogor, Selasa (26/01/2016). Foto: Imam Husein/Jawa Pos

jpnn.com - SEJAK lulus Universitas Gadjah Mada jurusan hubungan internasional, Joko Susilo (JS) sangat terobsesi bisa menjelajah mancanegara. Secara nyata. Tidak hanya melalui media.

Obsesi itu saya ketahui agak terlambat. Justru ketika JS sudah satu tahun menjadi wartawan Jawa Pos. Ternyata JS berstatus pegawai negeri: dosen di Universitas Airlangga. Diam-diam dia mem-poligami-kan status kepegawaian. Ini melanggar aturan di Jawa Pos (JP). Saya tidak tahu apakah juga melanggar peraturan pegawai negeri.

Saya gamang. Mau diapakan dia ini? Diberhentikan? Mestinya begitu. Tapi, prestasi JS luar biasa. Tulisannya memiliki ciri khas yang memikat. Agak provokatif. Tapi cerdas. Dan mengalir. Pengetahuannya luas sekali. Yang terluas di antara kami. Dia hafal seluruh jenis persenjataan. Hafal kekuatan militer semua negara. Piawai dalam menganalisis geopolitik. Kalau berbicara sangat memikat.

Singkat kata: pembaca Jawa Pos fanatik pada tulisan-tulisannya. Mahasiswa sering mengundangnya ceramah di kampus. Dan dia satu-satunya aktivis Muhammadiyah di tengah wartawan Jawa Pos yang umumnya NU. Dia Muhammadiyah tulen: IPM, IMM, Pemuda Muhammadiyah, dan Muhammadiyah. Rasanya, contoh kerukunan Muhammadiyah-NU terbaik adalah di redaksi Jawa Pos saat itu.

Akankah dia harus dipecat?

Saya betul-betul bingung. Saat itu JS adalah lambang intelektualitas di Jawa Pos. Saat JS masuk Jawa Pos, dia adalah rekrutmen angkatan kedua yang harus sarjana. Sebelum itu, Jawa Pos tidak mampu merekrut sarjana. Masih miskin. Tepatnya: sangat miskin.
Akhirnya saya panggil dia: 

’’Mengapa merangkap jadi PNS?’’ tanya saya.

’’Saya belum yakin JP bisa menjamin masa depan saya,’’ jawabnya.

SEJAK lulus Universitas Gadjah Mada jurusan hubungan internasional, Joko Susilo (JS) sangat terobsesi bisa menjelajah mancanegara. Secara nyata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News