Ternyata Ekspor Ikan Maluku Utara Lewat Provinsi Tetangga

Ekspor ke negara Uni Eropa dan akan diperluas ke Amerika dan Jepang

Ternyata Ekspor Ikan Maluku Utara Lewat Provinsi Tetangga
Kepala Seksi Kesyahbandaran UPT Ditjen Perikanan Tangkap Pelabuhan Nusantara Ternate, Kurmawan. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - TERNATE – Hasil perikanan Maluku Utara (Malut), ternyata tak diekspor langsung dari Ternate, tetap melalui Kota Bitung, Sulawesi Utara. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Kesyahbandaran UPT Ditjen Perikanan Tangkap Pelabuhan Nusantara Ternate, Kurmawan.

Meski begitu, jika dilihat dari Sertifikat Hasil Tangkap Ikan (SHTI) yang dikeluarkan mereka, menunjukan ekspor perikanan Malut meningkat.  

Kepada Malut Post (Grup JPNN) kemarin (29/1), Kurmawan menuturkan tahun 2014 Unit Pelaksana Teknis Ditjen Perikanan Tangkap Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate, menerbitkan 100 SHTI. “Tahun 2015 meningkat signifikan menjadi 300 SHTI,” katanya.

Dia menjelaskan ada beberapa macam SHTI, yakni SHTI lembar awal, SHTI turunan, SHTI turunan yang disederhanakan dan SHTI impor.

“Kami keluarkan adalah SHTI lembar awal,” ujarnya.

Kurmawan menuturkan ekspor ikan Malut melalui Pelabuhan Bitung, dikirim ke negara Uni Eropa. Kedepan akan diperluas ke Amerika dan Jepang. Sebab kedua negara ini sudah meminta SHTI.

Dia mengungkapkan, Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate sudah menjalankan ketentuan pembuatan SHTI sejak 2010. SHTI awal yang diterbitkan, terkait dengan hasil tangkap ikan yang didaratkan dari pelabuhan perikanan untuk tujuan pencatatan, untuk tujuan ketelusuran asal tangkap ikan. SHTI awal ini dikhususkan untuk kapal-kapal di atas 20 GT.

“Tujuan SHTI juga sebagai pengendali illegal fishing. Sehingga ikan itu tidak bisa sembarangan ditangkap. Selain itu ketersediaan sumber daya ikan itu bisa dikontrol,” ujarnya.  Menurut dia, dulu ikan-ikan keluar Malut tanpa ada pencatatan, sehingga tidak bisa dikontrol. Namun, sekarang semuanya sudah dicatat.(tr-03/onk/fri/jpnn)


TERNATE – Hasil perikanan Maluku Utara (Malut), ternyata tak diekspor langsung dari Ternate, tetap melalui Kota Bitung, Sulawesi Utara. Hal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News