KPU Tetapkan Pasangan Deno-Madur

KPU Tetapkan Pasangan Deno-Madur
Pasangan calon bupati dan wakil bupati Deno Kamelus-Viktor Madur (Deno-Madur) sebagai pasangan terpilih bupati dan wakil bupati Manggarai periode 2015-2020. FOTO: Timor Express/Grup JPNN.com

jpnn.com - RUTENG – KPU Kabupaten Manggarai akhirnya menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Deno Kamelus-Viktor Madur (Deno-Madur) sebagai pasangan terpilih bupati dan wakil bupati Manggarai periode 2015-2020.

Penetapan pasangan Deno-Madur dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang digelar KPU Manggarai, Selasa (26/1) lalu, seperti dilansir Timor Express (Grup JPNN).

Dalam pleno yang dihadiri pasangan calon terpilih Deno-Madur didampingi istri, parpol pengusung, tim sukses dan juga Forkopimda, Sekda Manseltus Mitak dan sejumlah pejabat, agendanya tunggal yakni penetapan pasangan calon terpilih dalam pilbup Manggarai yakni Deno-Madur.

Acara intinya pembacaan hasil penghitungan suara berdasarkan pleno rekapitulasi suara pilbup Manggarai, Desember lalu dan diikuti kemudian dengan keputusan KPU yang menetapkan Deno-Madur sebagai pasangan calon terpilih dalam pilbup, 9 Desember 2015. Setelahnya, KPU menyerahkan berkas keputusan itu langsung kepada calon terpilih Deno-Madur.

Ketua KPU Henri Dao mengatakan sebenarnya tahapan penetapan pasangan calon terpilih telah selesai dilakukan, Desember 2015 lalu. Tetapi karena masih ada gugatan ke MK, maka hal itu baru dilakukan. Apa yang dilakukan memang masih dalam koridor ketentuan aturan yang berlaku dan semua mesti menghargai dan menghormati hal itu guna mendapatkan hasil terbaik dalam pilbup di Manggarai.

Dikatakan, dalam pilbup, 9 Desember 2015, pasangan terpilih meraih suara sebanyak 73.666 atau 50,63 persen dari total surat suara sebanyak 145.476 suara. Pasangan calon lain mendapat suara sebanyak 71.820 suara. Berdasarkan hasil itu, maka selisih suara sebanyak 1.846 suara.

Usai penetapan, Rabu (27/1) Komisioner KPU Manggarai menyerahkan keputusan penetapan calon terpilih kepada ketua DPRD Manggarai. Keputusan tersebut diterima langsung ketua dewan. Selanjutnya, lembaga dewan mengagendakan rapat paripurna khusus untuk menjadwalkan pelantikan.

Sementara, calon bupati terpilih Deno Kamelus kepada wartawan mengatakan dirinya merasa lega karena semua proses dalam pilbup telah dilalui dengan baik. Hasilnya telah didapat dengan adanya putusan MK dan sekarang penetapannya sebagai pasangan calon terpilih dalam pilbup, 9 Desember 2015.

RUTENG – KPU Kabupaten Manggarai akhirnya menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Deno Kamelus-Viktor Madur (Deno-Madur) sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News