Korsel Ingin Kembangkan Industri Galangan Kapal di Indonesia

Korsel Ingin Kembangkan Industri Galangan Kapal di Indonesia
Ilustrasi kapal/ dok Ambon ekspress

jpnn.com - JAKARTA--Korea Selatan berkeinginan ‎mengembangkan industri galangan kapal di Indonesia. Kebutuhan kapal yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi nasional menjadi magnet bagi mereka. Niat ini disambut baik Menteri Perindustrian Saleh Husin.

"Saya sampaikan kepada Rokhmin Dahuri MS selaku Duta Besar Kehormatan Jeju Island, Korea Selatan untuk Indonesia serta beberapa pengusaha Korea Selatan, bahwa Indonesia menyambut baik rencana ekspansi mereka," kata Menteri Saleh, Sabtu (30/1).

Khusus kepada pengusaha Korsel, Saleh mengaku menyampaikan program tol laut Presiden Jokowi membutuhkan banyak kapal dan ini peluang bagi investor galangan kapal sehingga ini saat yang tepat!.

‎Kemenperin juga mendorong agar Korsel mengembangkan industri komponen kapal. Menurut Saleh, dengan kebutuhan kapal yang tinggi dan instruksi Presiden Joko Widodo kepada kementerian, lembaga dan BUMN untuk membeli kapal dari galangan kapal, maka industri komponen kapal mendapat peluang untuk tumbuh.

Galangan kapal Indonesia dinilai Menteri Saleh telah memiliki kemampuan produksi dan berpengalaman bekerja sama dengan galangan luar negeri. Korsel juga diminta bermitra dengan galangan kapal domestik.

Kemenperin memacu industri kapal dengan insentif berupa Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BMDTP) untuk impor komponen kapal dan PPN Tidak Dipungut untuk perusahaan pelayaran yang membeli kapal dari galangan nasional. 

“Kami juga siap memfasilitasi investor Korsel untuk bertemu, berkenalan dan menjalin kerja sama lebih lanjut dengan industri galangan nasionalm baik BUMN maupun swasta” tegasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--Korea Selatan berkeinginan ‎mengembangkan industri galangan kapal di Indonesia. Kebutuhan kapal yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News