Miris Banget, Daerah Ini Kekurangan Dokter

Miris Banget, Daerah Ini Kekurangan Dokter
Ilustrasi. Foto: Bulungan Post

jpnn.com - SANGATTA – Dinas Kesehatan Kutai Timur masih menghadapi masalah yang sangat pelik. Pasalnya, jumlah dokter di daerah tersebut memang termasuk sangat minim.

Hingga Januari, Kutim baru memiliki 38 tenaga dokter yang sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tak ayal, dari 21 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kutim baru bisa dilayani oleh satu dokter.

“Setiap puskesmas idealnya harus memiliki 2 dokter. Sementara yang ada saat inikan hanya ada 1 dokter di masing-masing puskesmas itu,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Kutim Impung Anyeq, Jumat (29/1) kemarin.

Menurutnya, sesuai Permenkes 75 tahun 2014 yang mengatur tentang tenaga kesehatan, peralatan, fasilitas dan standar gedung, belum ada puskesmas di Kutim yang benar-benar bisa menerapkan aturan itu.

Karenanya, pelayanan kesehatan dilaksanakan seadanya saja. “Sekarang ini berjalan apa adanya. Yang paling utama dan dibutuhkan saat ini adalah tenaga dokter,” kata dia. (drh/jos/jpnn)

 


SANGATTA – Dinas Kesehatan Kutai Timur masih menghadapi masalah yang sangat pelik. Pasalnya, jumlah dokter di daerah tersebut memang termasuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News