Teluk Sepi dan Ikan Lepuq Api yang Paling Diburu Wisatawan

Teluk Sepi dan Ikan Lepuq Api yang Paling Diburu Wisatawan
ILUSTRASI. FOTO: Radar Jogya/JPNN.com

jpnn.com - Di Teluk Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, terkenal dengan hasil lautnya. Hebatnya, hampir semua jenis ikan di tempat ini, bisa dikonsumsi.

WAHIDI AKBAR S – GIRI MENANG – Lombok Post (Grup JPNN)

Sebuah jaring ikan, tergantung rapi di sebuah bambu yang terpaku diantara dua buah pohon. Di depan jaring, nampak seorang laki-laki paruh baya berdiri memperbaiki jaring.

Lelaki tersebut bernama Abdul Sakur. Salah satu nelayan tradisional dari Teluk Sepi, Desa Buwun Mas.

Setelah Lombok Post (Grup JPNN) ini mendekat, rupanya Abdul tidak sedang memperbaiki jaring, melainkan tengah mengeluarkan ikan yang terperangkap di jaringnya. Secara perlahan dan sangat hati-hati.

Beberapa ikan, dari yang berukuran sebesar jari hingga dua kali telapak tangan orang dewasa, terlihat di sela-sela jaring ikannya. “Lumayan hasil (tangkapan) hari ini mas,” katanya.

Tak hanya ikan, beberapa kepiting pun berhasil masuk di jerat miliknya. “Ini dapat ikan merah, lepuq batu, lepuq api juga,” kata Abdul menyebutkan nama lokal dari ikan hasil tangkapannya.

Satu persatu hasil tangkapannya, kemudian ia keluarkan dari jaring. Setelah itu, dikumpulkan di sebuah ember yang telah diisi air olehnya. Untuk selanjutnya akan dibersihkan sisik dan isi perut ikan tangkapannya.

Di Teluk Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, terkenal dengan hasil lautnya. Hebatnya, hampir semua jenis ikan di tempat ini, bisa dikonsumsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News