8 Langkah Sederhana Merawat Kaki Diabetes

8 Langkah Sederhana Merawat Kaki Diabetes
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Selain terancam komplikasi penyakit lain, penderita diabetes melitus atau kencing manis biasanya juga disibukkan dengan masalah seputar kaki. Kaki yang tidak sehat seperti bengkak, kemerahan, linu dan luka yang tidak kunjung sembuh adalah masalah yang sering memusingkan para diabetasi (penderita kencing manis).

Agar tidak terjadi hal seperti itu, para penderita diabetes memang harus segera memberikan perhatian lebih pada kondisi kakinya.

Berikut ini beberapa tips sederhana untuk membantu merawat kaki diabetes.

1. Berikan kaki Anda perhatian sebanyak wajah Anda

“Kita cenderung mengabaikan kaki kita tapi itu tidak lagi menjadi pilihan bagi penderita diabetes. Periksa kaki Anda setiap hari apakah ada luka, bintik-bintik merah, lecet dan bengkak. Gunakan cermin untuk memeriksa bagian bawah kaki Anda,” kata Medical Advisor, Lifespan, Dr. Kakoli Saha, seperti dilansir laman India Times, Rabu (27/1).

2. Rendam kaki Anda dalam air sabun hangat setiap hari

Rendam kaki Anda dalam air hangat setiap hari. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk memeriksa kaki Anda, sehingga Anda akan mendapatkan dua hal dilakukan secara bersamaan. Ingatlah untuk mengeringkan kaki Anda dengan baik, terutama di antara jari kaki, untuk mencegah infeksi jamur.

3. Melembabkan kaki Anda dengan baik

Selain terancam komplikasi penyakit lain, penderita diabetes melitus atau kencing manis biasanya juga disibukkan dengan masalah seputar kaki. Kaki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News