Satu dari 13 Buronan Lapas Abepura Ditangkap dengan Dramatis

Satu dari 13 Buronan Lapas Abepura Ditangkap dengan Dramatis
Kapolda Papua, Paulus Waterpau (kiri) memberikan pengarahan kepada tim pemburu buronan Lapas Abepura. Foto: dok/Cenderawasih Pos

jpnn.com - JAYAPURA - Satu dari 13 narapidana dan tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Abepura, yang kabur pada 8 Januari lalu, berhasil ditangkap tim yang dibentuk Polda Papua.

Dia adalah Yanuarius Fredy Muyak alias Ary Muyak, yang divonis seumur hidup terkait kasus pembunuhan di Kabupaten Merauke. Ary ditangkap di Tanah Hitam, Distrik Abepura, Sabtu (30/1). Selama buron, dia bersembunyi di daerah hutan Tanah Hitam,  ditangkap saat hendak kabur ke Sentani, Kabupaten Jayapura menggunakan sepeda motor.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Jermias Rontini membenarkan adanya penangkapan terhadap Ary Muyak. Saat ditangkap dia sempat melakukan perlawanan.

Dari hasil pemeriksaan, Ary Muyak mengaku langsung melarikan diri ke arah hutan bersama 10 narapidana dan tahanan lainnya setelah berhasil kabur dari Lapas Abepura. Ary mengaku sempat bersembunyi 1 minggu di hutan dan menggunakan pondok-pondok yang ada di perkebunan milik warga. Selama bersembunyi, ia hanya memakan buah dan lainnya yang bisa untuk dimakan.

Tim Polda Papua menduga, narapidana dan tahanan yang buron, masih bersembunyi di dalam hutan. Namun untuk memastikan hal tersebut, polisi masih mencoba mengorek keterangan dari Ary Muyak. 

Sementara itu dari informasi mengenai tertangkapnya Ari Muyak yang selama ini bermukim di Gunung Abe Pantai, Cenderawasih Pos mencoba mendatangi lokasi jalur yang dipakai oleh Ary Muyak saat turun dari gunung sebelum tertangkap. 

Jalur yang bersanding dengan tembok panjang ini memang terlihat sepi, namun sesekali terlihat petani hilir mudik dengan membawa hasil perkebunan. Seorang pemuda bernama Leki yang ditemui di lokasi membenarkan bahwa dari pinggiran SMPN 6 Abepantai ini bisa tembus hingga ke bukit Abe Gunung hingga Tanah Hitam. 

Jalur yang biasa dipakai adalah melalui aliran mata air atau yang disebut warga kepala air. “Ada beberapa jalan untuk menuju bukit Abe Gunung, kalau lewat samping sini cukup jalan hingga ke kepala air, itu pasti sampai,” katanya.

JAYAPURA - Satu dari 13 narapidana dan tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Abepura, yang kabur pada 8 Januari lalu, berhasil ditangkap tim yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News