Versi PKS: Ini Alasan Kenapa Pansus Freeport Perlu Dibentuk

Versi PKS: Ini Alasan Kenapa Pansus Freeport Perlu Dibentuk
Nasir Djamil. Foto: dok jpnn

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Nasir Djamil menyatakan salah satu alasan akan dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) Freeport antara lain untuk menyelamatkan kekayaan alam Indonesia dari bancakan pihak asing dan sebagai upaya membangun kemandirian bangsa.

"Menurut saya kasus Freeport ini sangat kompleksitas dan masalahnya besar, menyangkut perusahaan besar, dan orang-orang besar yang nanti akan dimintai keterangannya, maka yang paling pas regulasinya adalah Pansus," kata Nasir Djamil, di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Senin (1/2).

Dikatakan Nasir, Pansus memiliki kewenangan yang lebih tinggi ketimbang Panja. sebab penanggungjawab Pansus langsung pimpinan DPR RI, sedangkan Panja, cukup pimpinan komisi bersangkutan saja.

"Mengingat banyak persoalan yang mengitari Freeport, lalu daya ungkitnya juga besar, cara yang efektif, ya bentuk Pansus untuk menuntaskan masalah yang selama ini  menjadi pertanyaan publik dan sekaligus menyiapkan kemandirian bangsa di bidang pemgelolaan sumber daya alam," ujar Nasir.

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Nasir Djamil menyatakan salah satu alasan akan dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) Freeport antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News