Ini Menu Pembawa Hoki

Ini Menu Pembawa Hoki
Executive Chinese Chef Shangri-La Surabaya Chen Han Furn menunjukkan pen cai pada Jacquline

jpnn.com - SURABAYA – Momen imlek yang akan dirayakan sebentar lagi memang menjadi momentum kebersamaan keluarga. Tak jarang, pada momen itulah sanak keluarga yang jauh merantau akan kembali pulang sejenak dan melepas rindu. Agar semakin syahdu serta gembira menyambut hadirnya tahun baru, malam imlek tak akan lengkap tanpa sajian makan malam bersama.

Untuk tahun ini, hotel bintang lima Shangri-La Surabaya menyiapkan menu khusus yakni pen cai. Tak sembarang menu, itu adalah antaran imlek yang dikhususkan pada segmen premium. Ada harga tentu ada kualitas. Pen cai yang disajikan di sana terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Isinya pun juga diracik secara spesial.

Antaran seharga lebih dari Rp 5 juta tersebut berisikan abalone, sea cucumber, perut ikan atau dalam bahasa mandarin dikenal nian nian yu yi, scallop, dried oyster, udang, dan daging bebek. Sebagai pelengkap adalah rambut hitam atau fat choi. Fat choi ini sendiri adalah makna keberuntungan yang jamak terdapat dalam kata-kata gong xi fat choi.

Menurut Communications Manager Shangri-La Hotel Surabaya Renny Herwanto,  hingga saat ini peminat pen cai cukup tinggi. Menu itu sendiri disajikan setengah matang. ”Sehingga saat di rumah pemesan, bisa dimasak lagi dengan mencampurkan bumbu yang sudah kami sertakan. Sehingga kesegaran dan kehangatannya masih terjaga,” katanya.

Tak sekadar lezat, menu-menu yang disajikan saat imlek juga memiliki makna yang berbeda. Bahkan termasuk tempat penyajiannya juga. Untuk pen cai sengaja disajikan di atas pot. ”Dulu, pot dengan bentuk itu sering digunakan menyimpan harta dan uang. Jadi harapannya tahun ini rejekinya juga mampu tersimpan dan makin berlimpah,” jelasnya.

Jenis menu kenapa juga banyak memilih seafood, tidak lepas dari ungkapan nian nian yu yi, yang artinya setiap tahun rezeki akan berlimpah. ”Tapi ada kepercayaan, saat makan ikan, jangan sampai habis. Sehingga rejekinya bisa terus bertahan lama,” imbuh perempuan berkacamata itu.

Selain ikan, menu yang dianggap membawa hoki dan kerap disajikan saat malam imlek adalah olahan bebek. Hewan tersebut dinilai mampu membawa kemakmuran, kebahagiaan, dan keberuntungan. (adv/pda)


SURABAYA – Momen imlek yang akan dirayakan sebentar lagi memang menjadi momentum kebersamaan keluarga. Tak jarang, pada momen itulah sanak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News