Seknas Jokowi Apresiasi Inisiatif Kementerian untuk Reforma Agraria

Seknas Jokowi Apresiasi Inisiatif Kementerian untuk Reforma Agraria
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus mendorong realisasi alokasi tanah untuk masyarakat, terutama para petani. Kementerian yang dipimpin Siti Nurbaya Bakar itu akan berkoordinasi bersama Kementerian Agraria/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), serta Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah dan Tertinggal.

Sekjend Seknas Jokowi, Osmar Tanjung mengapresiasi inisiatip Menteri LHK Ibu Siti Nurbaya. Menurutnya, langkah itu adalah untuk memenuhi janji Presiden Jokowi dalam Nawacita. Yakni mendistribusikan 9 juta hektar lahan ke petani dan masyarakat.

“Kami, Seknas Jokowi sangat mengapresiasi rencana ini,” kata dia.

Kata dia, sebaiknya Kementerian LHK berkoordinasi juga Kementrian Pertanian (Kementan). Sebab, tantangan ke depan Kementan adalah meningkatkan produksi dan  memenuhi pangan nasional melalui program swasdembada pangan, swasembada gula dan program lainnya terkait pemenuhan kebutuhan protein nasional, sambung Osmar Tanjung.

Bagi Osmar, program reforma agraria ini akan semakin baik jika dilakukan juga koordinasi dengan aparat kemananan, termasuk TNI untuk mengamankan proses pendistribusiannya. 

Adapun untuk proses adminsitrasi dan perencanaan tata ruang pendistribusian lahan, katanya,  sebaiknya disiapkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursidan Baldan. Persiapan itu juga menyangkut aspek geopolitik, sosial, budaya dan keseimbangan lingkungan hidup.

“Kami akan lebih mengapresiasi rencana reforma agraria ini jika keseluruhan prosesnya dapat disosialisasikan dengan baik agar tidak terjadi salah urus,” ujarnya. (mas/jpnn)


KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus mendorong realisasi alokasi tanah untuk masyarakat, terutama para petani. Kementerian yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News