Ini Manfaat Penting ASI Bagi Generasi Penerus

Ini Manfaat Penting ASI Bagi Generasi Penerus
Ini Manfaat Penting ASI Bagi Generasi Penerus

jpnn.com - Manfaat menyusui buah hati semakin banyak saja. Tak hanya kesehatan bagi ibu dan bayi, tetapi ada manfaat yang juga tak kalah penting.

Berdasar riset yang dipublikasikan jurnal The Lancet, pemberian air susu ibu (ASI) hingga si kecil berusia 2 tahun mampu meningkatkan kualitas hidup generasi penerus. 

''Anak-anak yang mendapat ASI lebih sehat dan memiliki kecerdasan yang baik,'' ungkap Wakil Kepala Tim Penelitian Dr Cesar Victora, profesor dari Program Pascasarjana Bidang Epidemiologi, Federal University of Pelotas, Brasil, dikutip dariFox News

Berdasar penelitian, menyusui juga mampu mengurangi angka kematian anak balita hingga 13 persen. Victora mengungkapkan, anak-anak yang mendapat ASI terhindar dari masalah pencernaan, terutama diare. Sebagaimana diketahui, diare merupakan penyakit yang mampu mengancam nyawa anak.

''Dari penelitian kami, anak-anak yang menyusu punya kecerdasan yang baik. IQ mereka lebih tinggi hingga tiga poin dari sebayanya yang tidak mendapat asupan ASI,'' ucapnya.

Dengan meningkatnya kualitas hidup anak, Victora menyatakan, pengeluaran untuk biaya kesehatan bisa ditekan. Melalui penelitian tersebut, Victora berharap program menyusui dapat diterapkan di negara berkembang maupun maju.

''Menyusui adalah investasi besar. Program ini juga mampu menciptakan masyarakat yang sehat dan cerdas,'' terangnya. Hingga kini, merujuk penelitiannya, pelaksanaan program menyusui justru lebih tinggi di daerah berkembang. (fam/c23/ayi/pda) 


Manfaat menyusui buah hati semakin banyak saja. Tak hanya kesehatan bagi ibu dan bayi, tetapi ada manfaat yang juga tak kalah penting. Berdasar riset


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News