1300 PNS Jadi Kandidat Jabatan Pimpinan Tinggi

1300 PNS Jadi Kandidat Jabatan Pimpinan Tinggi
ILUSTRASI. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui unit Assessment Center sedang mempersiapkan Penyusunan Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2016. Rencananya penyusunan talent pool akan dilakukan pada Juni/Juli 2016 dengan membidik 1300 aparatur sipil negara (ASN) dengan jabatan administrator yang memenuhi kualifikasi JPT, dan yang saat ini telah berstatus sebagai JPT Pratama. 

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Standar Penilaian Kompetensi BKN Paryono, proses kegiatan penyusunan Talent Pool JPT secara global direncanakan berlangsung dalam lima tahun, mulai 2015 hingga 2019. 

“Tahun lalu telah diselenggarakan delapan angkatan yang penyelenggaraannya berlangsung pada periode Agustus sampai Oktober 2015 dengan peserta 1023 orang," kata Paryono, Selasa (2/2).

Talent Pool  JPT adalah sebuah program yang membangun serta mengembangkan kelompok kandidat yang memenuhi persyaratan jabatan, yang memiliki minat mengisi posisi JPT, terlibat secara berkelanjutan untuk meniti karir sebagai ASN dan sukses menyelenggarakan fungsi pemerintahan dan negara. 

"Talent Pool dibentuk untuk mendapatkan profil pimpinan tinggi yang potensial sehingga bisa menjadi dasar melakukan penilaian atau seleksi lebih lanjut, serta pengembangan kompetensi kepemimpinan kader birokrat yang potensial,” terangnya.

Lanjut Paryono, Talent Pool merupakan jawaban atas kondisi di berbagai K/L/Pemda yang posisi JPT-nya masih kosong atau belum terisi sesuai kompetensi. Ketidaktersediaan JPT jika tidak segera diatasi dapat mengakibatkan terganggunya fungsi pelaksanaan pemerintahan dan Negara secara nasional.(esy/jpnn)


JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui unit Assessment Center sedang mempersiapkan Penyusunan Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News