Gubernur Minta Jalan Tol ke Danau Toba

Gubernur Minta Jalan Tol ke Danau Toba
Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Selasa (2/2). Foto: Natalia Laurens/JPNN


JAKARTA – Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengingatkan pemerintah mengenai pentingnya pembangunan infrastruktur jalan untuk menunjang pengembangan Danau Toba sebagai detinasi wisata bertaraf internasional.

Erry mengatakan hal tersebut usai mengikuti rapat pembahasan Danau Toba di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (2/2).

“Saat ini Medan ke Danau Toba 180 kilometer, karena padatnya lalu lintas itu bisa ditempuh 4-5 jam. Oleh karena itu kami berharap ada pembangunan jalan tol menuju Danau Toba,” kata Erry.

Selain itu, pengembangan bandara. Dikatakan, saat ini memang ada Bandara Silangit, tapi sebenarnya ada bandara yang sudah lama di situ, Bandara Sibisa. “Yang jaraknya 15 menit dari Kota Parapat,” kata Erry.

Hal lain yang disampaikan saat rapat, soal banyaknya keramba jaring apung. “Tentunya harus dibersihkan atau zonanisasi sehingga masyarakat yang selama ini hidup dari keramba jarring apung bisa berpenghasilan. Dicari jalan keluarnya,” kata Erry.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, pengembangan Danau Toba merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menciptakan “10 Bali Baru”.

Danau Toba salah satunya. “Untuk itu nanti akan dibentuk Badan Otorita Destinasi Pariwisata Nasional Danau Toba,” kata Arief Yahya. (sam/nat/jpnn)


JAKARTA – Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengingatkan pemerintah mengenai pentingnya pembangunan infrastruktur jalan untuk menunjang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News