Tolikara Dilanda Banjir Bandang

Tolikara Dilanda Banjir Bandang
Warga Tolikara dan aparat keamanan setempat membangun kembali jembatan yang rusak akibat diterjang banjir. Foto: dok/Cenderawasih Pos

jpnn.com - TOLIKARA - Lima distrik di Kabupaten Tolikara, Papua, dilanda banjir bandang, Senin (1/2) kemarin. 

Banjir ini terjadi di Distrik Kanggime, Woniki, Wuluk, Nabunage dan Menggena. Dari kelima distrik ini, ada dua distrik yang mengalami banjir bandang terparah, yaitu Kanggime dan Menggena.

Rabu (3/2), Cenderawasih Pos melansir, selama dua minggu lebih beberapa distrik di wilayah Kabupaten Tolikara ini memang diguyur hujan lebat. Bahkan, lima kampung di Distrik Kanggime sudah dilanda banjir bandang teraparah, yakni Kampung Kanggimaluk, Linggimbak, Luradan Kampung Wonitu di Distrik Nabunage, serta Kampung Menggeba di Distrik Menggena.

Kapolres Tolikara AKBP Musa Korwa mengungkapkan bahwa banjir bandang tersebut terjadi pada Senin (1/2) sekitar pukul 02.00 WIT dini hari saat warga sedang tidur.

Tiba-tiba banjir bandang datang dari masing-masing kali bagian atas. Akibat banjir bandang tersebut, memang tidak ada korban jiwa. Namun warga mengalami korban harta benda, seperti di Kampung Lingimbak ada 2 rumah yang hanyut dan 2 ternak babi juga hanyut serta 12 kebun warga hancur diterjang banjir bandang.

Kondisi yang sama juga dialami di kampung Lura warga mengalami korban harta benda berupa 2 rumah hanyut, 4 ekor babi ternak hanyut dan 40 lembar seng aluminium hanyut, 2 kebun juga hancur. Di Kampung Kanggimaluk ada 2 rumah yang hanyut, 5 kebun warga yang hancur. Di Kampung Menggeba 1 unit mesin lampu mikrohidro telah hancur total, serta 5 kebun warga hancur di terjang banjir bandang ini.

Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo, mengakui bahwa di sejumlah distrik, kondisinya masih para. Beberapa jembatan putus, yaitu Kali Kabur dan Kali Toli, serta Kali Wonitu.

Khusus untuk Kali Toli, Kusus untuk kali Toli pihaknya telah mengerahkan alat berat untuk mengerjakan jalan yang putus akibat banjir bandang itu.

TOLIKARA - Lima distrik di Kabupaten Tolikara, Papua, dilanda banjir bandang, Senin (1/2) kemarin.  Banjir ini terjadi di Distrik Kanggime,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News