Pertama di AS, Virus Zika Menular lewat Hubungan Seks

Pertama di AS, Virus Zika Menular lewat Hubungan Seks
Pertama di AS, Virus Zika Menular lewat Hubungan Seks

jpnn.com - AUSTIN - Badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengonfirmasikan kasus Zika pertama di Negeri Paman Sam. Virus itu menular bukan karena gigitan nyamuk, melainkan hubungan seksual.

’’Ini kasus pertama di AS yang terdeteksi pada seseorang yang tidak baru pulang bepergian atau melawat negara yang sedang wabah,’’ terang Tom Frieden, direktur CDC, lewat akun Twitter-nya. 

Dinas Kesehatan Dalas County, Negara Bagian Texas, melaporkan bahwa penderita tertular dari seseorang yang baru saja kembali dari Venezuela. Si penderita tertular lewat hubungan seksual.

Terpisah, Dinas Layanan Kesehatan Masyarakat Texas menyatakan, pihaknya sedang menyelidiki kasus tersebut. 

’’Kami sedang mengevaluasi seluruh detail kasus tersebut. Tapi, mungkin penderita tertular setelah berhubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi virus tersebut,’’ jelas lembaga itu. Apalagi, tidak ada laporan bahwa virus tersebut ditularkan lewat gigitan nyamuk di Texas.

Beberapa waktu lalu, para pakar kesehatan sempat mengingatkan AS supaya mewaspadai penularan virus Zika lewat hubungan seksual. Itu disebabkan pernah ada riwayat kasus Zika yang menular lewat hubungan seksual di AS. 

Namun, terkait dengan peringatan tersebut, Badan Kesehatan Pan-Amerika menegaskan bahwa dugaan penularan lewat hubungan seksual itu masih membutuhkan pembuktian kuat.

Hingga saat ini, Zika sudah menjangkiti sedikitnya 30 negara. Sebagian besar di antaranya negara-negara di Benua Amerika, khususnya yang terletak di kawasan selatan. Virus yang tidak mematikan itu menarik perhatian masyarakat internasional karena bisa mengakibatkan mikrosefalus (microcephaly) kepada bayi yang baru lahir. Itu jika sang ibu terinfeksi Zika ketika sedang mengandung.

AUSTIN - Badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengonfirmasikan kasus Zika pertama di Negeri Paman Sam. Virus itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News