Pemkab Siapkan Rp29 M untuk Perbaikan Akses Jalan Danau Toba

Pemkab Siapkan Rp29 M untuk Perbaikan Akses Jalan Danau Toba
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN

jpnn.com - SIMALUNGUN - Pemkab Simalungun mengalokasian dana Rp29,5 miliar untuk perbaikan infrastruktur jalan menuju objek wisata di kawasan Danau Toba. Hal ini dalam rangka memberikan dukungan terhadap program pemerintahan Jokowi-JK yang akan mengembangkan Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Simalungun Mixnon Andreas Simamora mengatakan, selain mengalokasi dana perbaikan infrastruktur jalan, Pemkab juga sudah menyiapkan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang nantinya disesuaikan dengan rencana yang sudah disusun oleh pemerintah pusat, baik melalui kementerian, maupun Badan Otorita Danau Toba yang segera dibentuk.

Mantan Kakan Infokom itu menerangkan, jauh hari sebenarnya pemkab sudah mengalokasi dana untuk perbaikan infrastruktur jalan menuju ke Danau Toba. Bahkan sudah diusulkan beberapa ruas jalan supaya statusnya ditingkatkan sesuai dengan Rencana  Kawasan Strategi Nasional (RKSN) Danau Toba.

Mixnon menuturkan, peningkatan status jalan nantinya juga diikuti dengan percepatan penuntasan akses jalan Tanjungmorawa-Saribudolok-Tongging (RAWASATING) dan Jalan Tanjungmorawa-Raya-Tigaras (RAWASARAS).

Selain itu, percepatan perbaikan beberapa ruas jalan susur pantai kawasan Danau Toba sangat dibutuhkan agar wisatawan dapan menikmati keindahan alam dari pinggiran Danau Toba. Jalan susur pantai dimaksud adalah Jalan Salbe-Sipolha-Tanjung Unta Tigaras.

“Susur pantai atau pinggir jalan danau yang ada di wilayah Simalungun, kita harapkan bisa terhubung,” katanya.

Mixnon melanjutkan, menghindari kemacetan dan rusaknya ruas jalan Pematangsiantar-Parapat, juga perlu perbaikan jalan alternatif Simpang Palang-Sipangan Bolon. Jalan tersebut nantinya dikhususkan untuk truk. 

Selain mendukung destinasi kawasan Danau Toba, pemkab juga membenahi infrastruktur jalan wisata yang nantinya bisa terhubung langsung ke Danau Toba, yakni Jalan Marubun Lokkung-Bahoan Tinggi Raja-Nagori Dolok-Parapat Huluan-Simpang Pangalbuan Pematang Raya.

SIMALUNGUN - Pemkab Simalungun mengalokasian dana Rp29,5 miliar untuk perbaikan infrastruktur jalan menuju objek wisata di kawasan Danau Toba. Hal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News