Lolos ke PON Jabar Berkat Pukulan Terjauh

Lolos ke PON Jabar Berkat Pukulan Terjauh
Rendy Salam. Foto: Batam Pos / JPNN

jpnn.com - BATAM - Awalnya menekuni dunia sepakbola, namun minatnya kemudian beralih ke dunia golf. Golfer Batam, Rendy Salam (26) mengagumi olahraga ini karena menganggapnya lebih sulit dari yang lain dan mampu melatih analisanya dalam berbisnis.

"Dulu menjadi pemain bola waktu sekolah di Singapura, namun ketika kembali ke Indonesia, saya dikenalkan golf oleh bapak yang sudah menjadi golfer selama 22 tahun," kata Rendy, seperti dikutip dari batampos.co.id (group JPNN) Kamis (3/2).

Berkat ketekunannya berlatih golf selama 10 tahun, Rendy pun lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat. Tiket yang diperolehnya pun terbilang spesial, karena ia meraihnya lewat kompetisi Pra PON yang baru pertama kali diikutinya.

Rendy lolos mewakili Kepri bersama tiga orang atlet lainnya, yakni Kapten tim, Elekson Tarigan, Adi Iswadi, dan Rodeo. "Kepri lolos sebagai salah satu tim dari 7 provinsi yang lolos ke PON dengan mengantongi kuota maksimal, empat golfer," jelasnya lagi.

Rendy merupakan golfer yang memiliki spesialisasi sebagai Long Hitter, alias pemain dengan pukulan jauh. Ia mengakui walaupun bertubuh lebih kurus dari kolega-koleganya, namun golfer muda ini memukul bola lebih jauh dari rekan-rekannya. Spesialisasinya inilah yang mengantarkan Rendy ke berbagai prestasi.

Untuk berlatih memukul jauh, Rendy mengatakan ia melatih irama, kelenturan tubuh, dan kecepatan pinggang. "Memainkan irama harus konsisten, tiap pukulan harus berada di ritme yang sama," jelasnya.

Sedangkan kelenturan tubuh dan kecepatan pinggang didapatnya pada saat masih menjadi pemain sepakbola. Rendy juga mengakui melatih kemampuannya dengan rajin mengelilingi lapangan golf di Batam. 

Ia juga pernah berkelana di negara bagian California di Amerika Serikat untuk menjajal lapangan golfnya karena memahami lapangan itu sangat penting, terutama letak hole dan sungai. "Masing-masing lapangan itu memiliki karakter berbeda, sehingga cara memukul bola itu berbeda," ujarnya.

BATAM - Awalnya menekuni dunia sepakbola, namun minatnya kemudian beralih ke dunia golf. Golfer Batam, Rendy Salam (26) mengagumi olahraga ini karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News