Yansen: Tidak Benar Ada Isu Mencekam

Yansen: Tidak Benar Ada Isu Mencekam
ILUSTRASI. FOTO: Jambi Independent/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menjelang pengumuman rekapitulasi pemilihan kepala daerah (pilkada) oleh KPUD Kalimantan Tengah (Kalteng), pada Jumat (5/2/2016). Hingga saat ini, suasana di Kalteng berlangsung tertib, aman, nyaman, dan kondusif.

“Hingga kini, secara umum suasana di Kalteng tertib, aman, nyaman serta kondusif menjelang pengumuman rekapitulasi pilkada oleh KPUD Kalteng besok (hari ini, red),” ujar Ketua Umum Masyarakat Dayak Kalteng, Yansen A Binti di Palangka Raya, Kamis (4/2).

Yansen optimistis situasi tetap aman. Pasalnya, dari tahapan awal pilkada hingga pasca pencoblosan tidak terjadi hal-hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat meskipun sempat tertunda dari agenda nasional pilkada serentak 9 Desember 2015.

“Pilkada di Kalteng yang dilaksanakan pada 27 Januari 2016 bisa berjalan dengan lancar, aman dan terkendali,” tandas Yansen.

Namun demikian, Yansen mengakui sempat ada isu yang dihembuskan di tengah masyarakat untuk ‘menciptakan suasana’ seolah-olah bakal terjadi ketidakstabilan keamanan. Bahkan ada isu bahwa akan terjadi kerusahan sehingga dikesankan suasana mencekam. 

“Itu isu tidak benar sama sekali. Bisa dilihat suasana aman-aman saja dan tidak ada situasi yang mencekam. Bisa jadi dilemparkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dan menginginkan situasi tidak kondusif,” katanya. 

Ketua Tim Pemenangan pasangan nomor urut 1, Sugianto Sabran-Habib Ismail (Sohib), Abdul Razak menilai, pilkada Kalteng sudah berjalan dengan baik dan jangan dinodai isu-isu yang bisa merusak suasana.

“Pilkada sudah berjalan dengan baik, janganlah ada pihak-pihak yang memaksakan kehendak, sehingga memancing suasana menjadi keruh,” katanya.

JAKARTA – Menjelang pengumuman rekapitulasi pemilihan kepala daerah (pilkada) oleh KPUD Kalimantan Tengah (Kalteng), pada Jumat (5/2/2016).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News