TOP! Pemerintah Akan Bangun 10 Cold Storage untuk Nelayan

TOP! Pemerintah Akan Bangun 10 Cold Storage untuk Nelayan
Menteri Susi Pudjiastuti. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti berencana membangun cold storage di 10 pulau seluruh Indonesia. Langkah tersebut dilakukan untuk mempermudah proses nelayan dan industri perikanan dalam mengelola hasil tangkapan mereka.

"Kami akan bangun (cold storage) di 10 pulau. Jadi ada cold storage, mesin es, supaya ada yang jual," ujar Susi di kantornya, Jakarta, Jumat (5/2).

Namun, Susi mengingatkan supaya tidak ada nelayan yang bandel menjual hasil tangkapan ikannya di tengah laut. "Tapi tidak boleh jual di tengah laut. Nanti kami tangkap, kemudian kami tenggelamkan kapalnya," ancam Susi.

Selain itu, Unit Pengolahan Ikan (UPI) juga tidak diperbolehkan langsung membeli ikan dari nelayan. Semua hasil tangkapan kata Susi harus dibeli dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI). "Ini yang benar. Supaya bisa ada KUD. Nelayan punya simpanan. Jadi saat paceklik bisa punya simpanan," tutur Susi.

Wanita 51 tahun ini berharap KKP bisa menyejahterakan nelayan di berbagai wilayah dengan menghentikan kapal-kapal yang menggunakan cantrang. Susi juga berharap banyak nelayan yang akan beralih ke alat tangkap go blue, seperti gillnet atau pun purse seine. Tujuannya agar para nelayan mendapatkan lebih banyak hasil tangkapannya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti berencana membangun cold storage di 10 pulau seluruh Indonesia. Langkah tersebut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News