Eropa Siapkan Investasi Rp 6,53 Triliun di Indonesia

Eropa Siapkan Investasi Rp 6,53 Triliun di Indonesia
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Indonesia masih menjadi tempat investasi yang menarik bagi negara-negara di Eropa. Itu terlihat dari komitmen mereka untuk menanamkan modal di Indonesia yang tembus Rp 6,53 triliun sampai akhir Januari lalu.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, jumlah itu meningkat sepuluh kali lipat bila dibandingkan dengan Januari 2015. Tahun lalu, komitmen investasi Eropa baru Rp 670 miliar. ”Paling besar Belanda, komitmennya mencapai Rp 4,38 triliun,” ujarnya Kamis (4/2).

Beberapa negara lain yang siap berinvestasi adalah Inggris dengan Rp 1,12 triliun, Jerman (Rp 590 miliar;) dan Prancis (Rp 123 miliar). Belanda, lanjut Franky, meski memiliki nilai penanaman modal tertinggi, ternyata ada penurunan komitmen investasi.

Setidaknya bila menengok data 2015. ”Turunnya sampai 71 persen, jadi Rp 5,94 triliun,” tambah Franky.

Untuk negara lain, dia menyebut justru ada kenaikan. Misalnya Jerman. Komitmen investasinya sepanjang 2015 naik 414 persen. Lantas, investasi Swiss naik 549 persen senilai Rp 3,3 triliun. (oki/jos/jpnn)


JAKARTA – Indonesia masih menjadi tempat investasi yang menarik bagi negara-negara di Eropa. Itu terlihat dari komitmen mereka untuk menanamkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News