Cak Imin Singgung Kemiskinan dan Pengangguran di Depan Jokowi

Cak Imin Singgung Kemiskinan dan Pengangguran di Depan Jokowi
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat memberikan arahan kepada kader PKB seluruh Indonesia menjelang pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB di Jakarta, Jumat (5/2). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Kebangkitan Bangsa tahun 2016 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (5/2) malam.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam pidatonya menyinggung berbagai persoalan yang tengah dihadapi Indonesia di tengah persaingan global. Itu sebabnya Mukernas PKB mengusung tema besar, Memenangkan Rakyat Dalam Persaingan Global.

"Ini bukan sekadar tema kosong. Ini adalah niat dan tekad perjuangan PKB. Pada malam ini kita bertekad tak hanya bersama pemerintah dan presiden, tapi untuk memenangkan rakyat memenangkan persaingan," ujar ketum partai yang akrab disapa Cak Imin.

Suka tidak suka, katanya, persaingan global sesuatu yang tidak bisa dihindari. Bangsa Indonesia menurutnya dihadapkan pada kompetisi ketat dan semakin jahat. Karena itu ia mengingatkan para kader PKB agar meningkatkan daya saing. Apalagi bangsa ini memiliki beban masalah yang berat.

Ketika itu mantan Menakertrans tersebut menyinggung posisi ekonomi Indonesia periode 2015-2016 dibanding negara-negara di dunia didasarkan pada 12 indikatornya.

Indonesia, katanya, berada di posisi 37 di Asia, berada di bawah Malaysia, Thailand. Dari 188 negara yang diteliti oleh UNDP, indeks pembangunan manusia Indonesia di peringkat 160, peringkat Indonesia di Asean ke 5 dan posisi teratas ditempati Singapura.

"Kita di bawah mereka. Indonesia juga tertingaal dari negara kecil yang tak punya potensi apapun. Indikator kesejahteraan juga jadi masalah kondisi daya saing. Jadi lewat tema ini kami mau berpartisipasi total agar daya saing kita naik," ujar Cak Imin.

Diungkapnya juga masalah kemiskinan di Indonesia yang kini jumlahnya berkisar 28,5 juta. Ditambah pengangguran 7,56 juta orang. Bangsa ini menurut Cak Imin juga menglami ketimpangan sosial sebagai ancaman terdekat. Itulah yang harus dihadapi.

JAKARTA - Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Kebangkitan Bangsa tahun 2016 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di JCC Senayan, Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News