Gara-gara Ini, Jepang Naikkan Level Kewasapadaan

Gara-gara Ini, Jepang Naikkan Level Kewasapadaan
Gunung Sakurajima saat terjadi letusan di kota TArumizu, Jumat kemarin. Foto: AFP

jpnn.com - JEPANG - Badan meteorologi Jepang menaikkan tingkat peringatan ke tingkat tiga menyusul terjadinya letusan gunung berapi Sakurajima yang berlokasi di Kota Tarumizu, perfektur Kagoshima, sebelah barat daya Jepang pada, Jumat (5/2). 

Gunung berapi tersebut menyemburkan abu dan lava mencapai jarak 2 km ke langit malam. Gunung tersebut berjarak hanya 50 km dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Sendai, tetapi tidak ada laporan kerusakan maupun pengaruhnya terhadap PLTN tersebut.

Badan Meteorologi melarang orang agar tidak boleh mendekat ke gunung tersebut. Gunung Sakurajima dinyatakan rutin mengalami ratusan kali erupsi kecil setiap tahun.

"Tampaknya, bebatuan terlempar hingga 2 km dari kawah, tapi daerah ini cukup jauh dari masyarakat," kata Kazuhiro Ishihara, professor dari Universitas Kyoto, saat diwawancara oleh televisi nasional Jepang, NHK.

Tayangan televisi menunjukkan aliran merah dari lava meledak dari sisi gunung. Meski demikian, Ishihara memperkirakan dampak letusan tidak akan yang serius.(ray/jpnn)


JEPANG - Badan meteorologi Jepang menaikkan tingkat peringatan ke tingkat tiga menyusul terjadinya letusan gunung berapi Sakurajima yang berlokasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News