Ultah ke-60, Yusril Luncurkan Tujuh Buku

Ultah ke-60, Yusril Luncurkan Tujuh Buku
Yusril Ihza Mahendra. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Yusril Ihza Mahendra bakal merayakan ulang tahunnya hari ini (6/2) di Hotel Bidakara, Jakarta. Ahli hukum tata negara itu meluncurkan tujuh buku sekaligus. Buku-buku itu disusun dari ribuan tulisannya yang tercecer sejak 25 tahun silam.

Empat dari tujuh buku tersebut berisi tentang ensiklopedia pemikiran Yusril. Tiga buku lainnya membahas Islam, Politik, HAM serta komik cerita masa kecil Yusril. Buku-buku itu mulai disusun Yusril dan timnya sejak Juli tahun lalu.

’’Semua buku ini merupakan rekaman perjalanan pemikiran saya 25 tahun, sejak 1990,’’ ujar pria yang kemarin (5/2) tepat berusia 60 tahun itu. 

Lima buku soal eksiklopedia itu memang rangkuman dari tulisan, wawancara, dan pidato-pidato Yusril selama ini. 

Butuh waktu luar biasa untuk menyusun itu karena Yusril mengaku paling lemah dalam hal pengarsipan. Yusril sudah tidak ingat berapa banyak buku atau tulisan yang dia buat. Angka ribuan dia rasa tepat untuk mewakili. 

’’Buku dan tulisan saya banyak hilang ketika saya ajukan untuk meraih gelar profesor pada 1996,’’ terangnya.

Pria kelahiran Manggar, Belitung Timur itu banyak dibantu teman-temannya dalam menyusun tujuh buku tersebut. Bahkan ada kawan lamanya yang ternyata masih menyimpan tulisannya tentang pemikiran Buya Hamka. Padahal tulisan dengan 106 catatan kaki itu dibuat Yusril sekitar 1986.

Yusril mengaku getol menulis sebagai bentuk respons atas pergolakan sosial politik di masyarakat. Menurut dia, masyarakat kerap mencitrakannya hanya sebagai seorang pakar hukum tata negara. Padahal selama ini pikiran dalam banyak tulisannya melampaui batas-batas disiplin keilmuan.

JAKARTA – Yusril Ihza Mahendra bakal merayakan ulang tahunnya hari ini (6/2) di Hotel Bidakara, Jakarta. Ahli hukum tata negara itu meluncurkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News