4 Fakta Unik yang Perlu Diketahui Tentang Menyilangkan kaki

4 Fakta Unik yang Perlu Diketahui Tentang Menyilangkan kaki
ILUSTRASI. FOTO: Care2

Posisi duduk dengan menyilangkan kaki ke atas kaki lainnya memang sangat nyaman. Bahkan bagi sebagian wanita, posisi duduk ini bisa membuat kaki jenjangnya terlihat sempurna.

Namun tahukan Anda bahwa ada beberapa fakta unik tentang menyilangkan kaki? Ini diantaranya, seperti dilansir laman Care2, Rabu (3/2).

1. Meningkatkan tekanan darah Anda

Beberapa studi telah menemukan bahwa meletakkan satu kaki di atas yang lain ketika duduk membuat tekanan darah lebih tinggi. Tapi tekanan darah tinggi ini tidak berlangsung lama.

Beberapa studi mengambil tindak lanjut darah pembacaan tekanan tiga menit setelah peserta meluruskan kaki mereka dan menempatkan kaki mereka rata di lantai. Tekanan darah mereka telah kembali ke tingkat normal lagi.

Inilah sebabnya mengapa perawat dan dokter biasanya akan meminta Anda untuk uncross kaki Anda ketika Anda sedang melakukan test tekanan darah. Ini penting saat tes, namun belum terbukti memiliki dampak yang langgeng pada tekanan darah Anda secara keseluruhan.

2. Mengakibatkan varises

Tuduhan ini tampaknya murni sebuah mitos perkotaan. Setidaknya 12 penelitian besar telah melihat faktor risiko untuk varises dan menyilangkan kaki Anda tidak ditemukan menjadi akibat varises.

Varises disebabkan oleh katup melemah di pembuluh darah Anda yang biasanya mengontrol aliran darah. Ketika katup ini melemah, darah tidak bisa bergerak dengan baik. Hal ini menciptakan vena yang membesar disebut varises.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa faktor risiko terbesar untuk varises adalah kurangnya olahraga dan gaya hidup, merokok, obesitas, tekanan darah tinggi dan riwayat keluarga varises.

Posisi duduk dengan menyilangkan kaki ke atas kaki lainnya memang sangat nyaman. Bahkan bagi sebagian wanita, posisi duduk ini bisa membuat kaki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News