Operator Bisnis Telekomunikasi Harus Beretika Dalam Bersaing

Operator Bisnis Telekomunikasi Harus Beretika Dalam Bersaing
Fiber Optik. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA – Kebijakan PT Telkom mengeluarkan Fair Usage Policy (UFP) sempat membuat salah satu petinggi perusahaan internet provider kebakaran jenggot.

Dia menyerang layanan IndiHome melalui media sosial. Padahal, PT Telkom mengeluarkan kebijakan itu untuk menjaga kualitas layanan dan memberikan kenyamanan pelanggan IndiHome.

"FUP justru melindungi pelanggan secara menyeluruh mendapatkan layanan berkualitas," kata VP Corporate Communication PT Telkom Arif Prabowo di Jakarta, Sabtu (6/2).

Sebelumnya, beredar postingan di laman FB yang dikeluarkan seorang petinggi perusahaan internet provider. Dia mengunggah penerapan FUP Telkom sebagai jebakan batman.

Arif menjelaskan, penerapan kebijakan ini  dimaksudkan  melindungi normal user dari pemanfaatan pemakaian berlebihan oleh heavy user. FUP ini hanya diberlakukan untuk layanan internet pada IndiHome dan tidak berpengaruh pada layanan Video (UseeTV) dan Telepon.

"Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Penerapan FUP juga dilakukan di negara lain seperti Amerika, Jepang dan Malaysia serta operator lain di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memperlakukan konsumen secara adil sesuai kebutuhannya," terangnya.

Menurut Arif, FUP diperlukan karena berdasarkan pengamatan selama ini terdapat heavy user pada pelanggan IndiHome yang memanfaatkan internetnya untuk mengunduh film/games secara terus menerus. Bahkan, ada juga yang meretailkannya sehingga pemakaian mereka menjadi tidak wajar. 

"Hal ini bisa mengganggu kualitas layanan dan kenyamanan bagi pengguna lain yang membayar dengan tarif yang sama. Untuk itulah perlunya ada FUP agar terdapat keadilan bagi konsumen yang memanfaatkan internet secara wajar,” kata Arif.

JAKARTA – Kebijakan PT Telkom mengeluarkan Fair Usage Policy (UFP) sempat membuat salah satu petinggi perusahaan internet provider kebakaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News