Menara Eiffel Bakal Dibongkar

Menara Eiffel Bakal Dibongkar
Replika Menara Eiffel di Tasikmalaya. Foto: dok/Radar Tasikmalaya

jpnn.com - TASIKMALAYA  - Keberadaan replika Menara Eiffel di Tasikmalaya, Jawa Barat mulai menuai masalah.

Asisten Daerah (Asda) II Setda Kabupaten Tasikmalaya Henry Nugroho mengatakan, ada kemungkinan replika Menara Eiffel bambu di Komplek Gedung Bupati (Gebu) itu akan dibongkar. 

Menurut dia, keberadaan replika Eiffel itu saat ini lebih banyak menuai masalah. Seperti penarikan tarif parkir ilegal dan dijadikan tempat hiburan yang berpotensi timbulnya perbuatan-perbuatan negatif. Terutama di malam hari. 

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, kata Henry, juga sudah meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk membongkar menara dari bambu itu. 

“Satpol PP sudah melaporkan kejadian-kejadian yang mengganggu ketertiban umum kaitannya dengan Menara Eiffel ini. Satpol PP yang melapor ke bupati. Malahan sudah disuruh dibongkar,” ujarnya seperti dikutip dari Radar Tasikmalaya, Senin (8/2).

Karya kreativitas masyarakat Tasikmalaya ini, kata dia, memang patut dihargai. Bahkan pengunjung dari luar Tasik pun berdatangan untuk melihat replika tersebut. Namun, daripada masalahnya makin bertambah dan menjadi beban pemerintah, opsi pembongkaran bisa dilakukan. “Kalau memang banyak madaratnya kenapa tetap dipertahankan,” tegasnya.

Terpisah, penggagas pembangunan replika Menara Eiffel bambu Muhajir Salam menerangkan, pembangunan replika ini bagian dari paket kegiatan Tasik Motekar 2015. Biaya yang dikeluarkan untuk menara tersebut sebesar Rp 80 juta. Pengerjaannya dimulai dari tanggal 5 November-31 Desember 2015.

Untuk jumlah bambu menara eiffel itu, kata dia, lebih dari 1.000 bambu. Jenisnya gombong dan surat. Bambu gombong yang tebal digunakan untuk pondasi dasar. Sedangkan bambu surat yang kecil untuk bagian atas menara.

TASIKMALAYA  - Keberadaan replika Menara Eiffel di Tasikmalaya, Jawa Barat mulai menuai masalah. Asisten Daerah (Asda) II Setda Kabupaten Tasikmalaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News