PDIP Mulai Terapkan Konsep Pembangunan Ala Bung Karno di Jateng

PDIP Mulai Terapkan Konsep Pembangunan Ala Bung Karno di Jateng
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - PDI Perjuangan semakin serius menerapkan konsep Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PNSB). Sembari memperjuangkan konsep pembangunan yang pernah diterapkan di era Presiden Soekarno itu agar bisa diadopsi lagi menjadi Garis Besar Haluan Negara (GBHN), PDIP mulai mengaplikasikannya lewat kader-kadernya yang jadi kepala daerah.

Salah satu daerah yang jadi pilot project bagi PDIP untuk menerapkan PNSB adalah Jawa Tengah (Jateng).  Di provinsi yang beribu kota di Semarang itu, ada 18 kabupaten/kota yang dipimpin kader-kader PDIP.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, kader-kader partainya yang duduk sebagai pemimpin eksekutif di daerah sudah saatnya mulai menerapkan PNSB dengan saling bekerja sama dan menjalin sinergi. Berbicara dalam rapat kerja daerah (rakerda) DPD PDIP Jateng di Semarang, Senin (8/2) malam, Hasto mengharapkan upaya merintis penerapan PNSB guna mewujudkan Trisakti di provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo itu lebih mudah terealisasi.

“Pembangunan berencana dengan basis Trisakti tentu bisa diterapkan di jawa Tengah ini. Apalagi, selain di faktor bahwa kabupaten/kota yang strategis dipimpin kader PDI Perjuangan, gubernur dan wakilnya juga kader yang menguasai betul bagaimana mengejawantahkan ideologi partai mewujudkan pemerintahan yang berbasis Trisakti Bung Karno,” kata Hasto sebagaimana dikutip dari siaran pers DPP PDIP.

Jateng memang dikenal sebagai basis PDIP. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan wakilnya, Heru Sudjatmoko sama-sama kader PDIP yang pada pada Pilkada Jateng 2013 mampu menumbangkan pasangan incumbent Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo.

Pada pemilu legislatif 2014 lalu, PDIP juga leading di Jateng. Sedangkan pada pilkada serentak 9 Desember lalu, PDIP memenangi 14 dari 21 pilkada di Jateng. Baca juga: Ini Strategi PDIP Wujudkan PNSB sebelum Jadi GBHN

Hasto di rakerda yang juga dihadiri Ganjar, Heru dan Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto itu menambahkan, dengan adanya sinergi di antara kepala daerah asal PDIP di Jateng, maka pola pembangunan antar-kabupaten/kota pun bisa saling mendukung. “Di situlah para kader PDI Perjuangan di eksekutif penting untuk bersama-sama menjadikan pembangunan di Jateng ini benar-benar secara terencana,” tutur Hasto.

Karenanya orang kepercayaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu memuji kepemimpinan Bambang Wuryando sebagai ketua DPD PDIP Jateng. Sebab, Bambang sudah berhasil mengantarkan PDIP menang pemilu legislatif di Jateng, serta sukses menempatkan kader-kader partai berlambang kepala banteng itu sebagai pemenang pada pilkada serentak 2015 lalu.

JAKARTA - PDI Perjuangan semakin serius menerapkan konsep Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PNSB). Sembari memperjuangkan konsep pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News