Semakin Panas, AS Bantu Korsel Bangun Sistem Pertahanan Tercanggih

Semakin Panas, AS Bantu Korsel Bangun Sistem Pertahanan Tercanggih
Korea Utara yang baru meluncurkan roket membuat AS risih dan berjanji membantu Korsel membangun sistem pertahanan tercanggih. Foto: AFP

jpnn.com - SEOUL - Amerika Serikat ikut risau dengan ulah peluncuran roket yanag dilakukan oleh Korea Utara. Negeri paman Sam itu menilai aksi korut berlebihan sehingga Amerika tergerak akan membantu Korea Selatan yang selama ini bersitegang dengan Korut.

Juru bicara Pentagon atau Departemen Pertahanan AS seperti yang dilansir BBC menyatakan Amerika Serikat akan membantu Korea Selatan dengan membangun sistem pertahanan misil tingkat tinggi di negaranya sesegera mungkin. 

Sistem pertahanan itu disebut Terminal High Altitude Area Defence System (Thaad) di dekat perbatasan Korea Utara. 

Dalam wawancara dengan CBS yang disiarkan pada Senin (8/2), bahkan presiden Barack Obama mengaku tidak kaget oleh peluncuran roket Korut, dan AS telah lama risau akan perilaku negara itu. 

"Ini rezim otoriter. Ini provokatif. Mereka telah berkali-kali melanggar resolusi PBB, melakukan uji coba dan membangun senjata nuklir dan sekarang mereka berusaha menyempurnakan sistem peluncuran misil mereka," kata Obama.

Pejabat Amerika dan Korea Selatan mengatakan, mereka akan segera memulai perundingan formal tentang pemasangan sistem pertahanan itu.(ray/jpnn)


SEOUL - Amerika Serikat ikut risau dengan ulah peluncuran roket yanag dilakukan oleh Korea Utara. Negeri paman Sam itu menilai aksi korut berlebihan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News