Terdengar Ledakan..Masjid dan 20 Indekos Terbakar, Barang Dijarah

Terdengar Ledakan..Masjid dan 20 Indekos Terbakar, Barang Dijarah
Proses pemadaman kebakaran di bekas lokasi Pasar Lama Abepura. Foto: dok/Cenderawasih Pos

jpnn.com - JAYAPURA - Si Jago Merah mengamuk di lokasi padat penduduk, di bekas lokasi Pasar Lama Abepura, Kelurahan Yobe, Distrik Abepura, Selasa (9/2) sekitar pukul 11.40 WIT.

Angin yang cukup kencang menambah cepat merambatanya api. Sejumlah bangunan termasuk masjid Al Hidayah dan 20 petak indekos serta 1 pabrik roti terbakar.

Untungnya tak ada korban jiwa dari kejadian ini namun kerugian ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar. Sementara penyebab kebakaran atau asal muasal api sendiri masih simpang siur.  Ada yang menyebut api berasal dari pabrik roti namun ada juga yang menyebut bahwa sebelum muncul api terdengar suara ledakan dari indekos milik H. Adam. 

“Masih kami periksa sebab keterangan saksi ada yang menyebut dari kos-kosan ada juga dari pabrik roti,” kata Kapolsek Abepura, Kompol Marthen Asmuruf, seperti dikutip dari Cenderawasih Pos.

Dari data polisi. ada informasi yang menyebutkan jika ada saksi bernama Irawan sedang mandi di ruko Elektronik milik J Ansar dan tiba-tiba terdengar suara ledakan yang cukup keras. Iapun langsung bergegas mencari arah suara ledakan tersebut dan tak lama terdengar suara meminta tolong. Saat itulah ia sudah melihat adanya kepulan asap dari salah satu kos-kosan milik H Adam yang posisinya persis di belakang toko pakaian Riska Collection.

Tak berapa lama api langsung membesar dan warga dengan peralatan seadanya langsung berusaha ikut memadamkan sambil menunggu unit mobil pemadam kebakaran tiba. Saat mobil pemadam pertama tiba di lokasi, ternyata kondisinya tak 100 persen siap untuk memadamkan api. Setelah sempat mandeg beberapa menit di lokasi kebakaran tanpa bisa mengeluarkan air, tak lama kemudian barulah terlihat air mulai disemprotkan. Hanya saja proses penyemprotan ini tak berlangsung lama karena stok dalam tangki habis. 

Situasi ini sempat membuat warga yang sudah berada di atas atap dan siap membantu berang dan marah. Untungnya tak lama kemudian muncul mobil tangki air yang menyuplai air ke dalam tangki mobil pemadam dan saat itu juga upaya penyemprotan diteruskan. 

Warga sekitar yang rumahnya mulai tersentuh api terlihat panik, bahkan ada yang nekat menjebol atap belakang rumah hanya untuk mengeluarkan ember dari atap dan menyiramkan ke bagian yang mulai terbakar. Beberapa warga yang coba ikut membantu juga nyaris celaka setelah menginjak atap asbes yang langsung jeblok dan berlubang. “Kami masih selidiki apa penyebab kebakarannya dan tadi penyidik sudah memeriksa sejumlah saksi,” kata Asmuruf.

JAYAPURA - Si Jago Merah mengamuk di lokasi padat penduduk, di bekas lokasi Pasar Lama Abepura, Kelurahan Yobe, Distrik Abepura, Selasa (9/2) sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News