Politikus PAN Segera Diadili

Politikus PAN Segera Diadili
Kamaluddin Harahap. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Politikus PAN Sumatera Utara, Kamaluddin Harahap, akan segera disidang. Ini setelah berkas perkara suap milik anggota DPRD Provinsi Sumut itu telah dinyatakan lengkap atau P21.

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati mengatakan, berkas milik Kamaluddin sudah dilimpahkan ke jaksa penuntut umum untuk segera disidangkan. "Tersangka KH sudah tahap dua hari ini," kata Yuyuk, Rabu (10/2). 

KPK punya waktu 14 untuk memasukkan surat dakwaan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Hanya saja Yuyuk mengaku belum tahu kapan jadwal sidang perdana untuk Kamaluddin. Yang pasti, kata Yuyuk, sidang akan digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. 

Hari ini, Kamaluddin juga menjalani pemeriksaan di KPK. Politikus itu juga sudah menandatangani pelimpahan tahap dua tersebut. 

Kamaluddin merupakan salah satu tersangka penerima suap dari Gubernur non aktif Sumut Gatot Pujo Nugroho. Selain Kamaluddin, KPK juga menjerat beberapa legislator lain. Mereka adalah Ketua DPRD Sumut 2014-2019 Ajib Shah, Ketua DPRD Sumut 2009-2014 Saleh Bangun, dan Wakil Ketua DPRD Sumut 2009-2014, Chaidir Ritonga dan Sigit Pramono Asri.

Suap dari Gatot diduga diberikan terkait persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut 2012-2014, persetujuan perubahan APBD provinsi Sumut 2013 dan 2014, pengesahan APBD Sumut 2014 dan 2015 dan  penolakan penggunaan hak interpelasi DPRD provinsi Sumut tahun 2015. (boy/jpnn)


JAKARTA - Politikus PAN Sumatera Utara, Kamaluddin Harahap, akan segera disidang. Ini setelah berkas perkara suap milik anggota DPRD Provinsi Sumut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News