Ucap Syukur di Hari Kemenangan

Ribuan Pemedek Padati Areal Pura Agung Jagatnatha

Ucap Syukur di Hari Kemenangan
ILUSTRASI. FOTO: DOK.PHDI

jpnn.com - DENPASAR – Ribuan pemedek memadati Pura Agung Jagatnatha, Denpasar, tepat pada Hari Raya Galungan, kemarin (10/2). Sejak fajar menyingsing, pemedek hilir mudik memadati pura di tengah Kota Denpasar ini untuk bersembahyang.

Persembahyangan Galungan sendiri berlangsung sejak pukul 05.00 pagi hingga pukul 20.00 WIB malam kemarin. Para pemedek membawa sesaji berupa canang sari, dan berbagai macam buah-buahan dan jajanan saat melakukan ritual persembahyangan.

Pemangku Pura Jagatnatha Jero Mangku I Made Langgeng Buana mengatakan, Hari Raya Galungan dimaknai sebagai hari kemenangan kebaikan melawan kejahatan.

“Untuk itu kita perlu beryadya atas anugerah yang telah diberikan Ida Hyang Widi Wasa ini dengan menebar kebaikan ke seluruh penjuru isi alam semesta,” ujar Jero Mangku.

I Wayan Putri, salah satu pemedek mengatakan, dirinya bersama keluarga bersembahyang di Pura Jagatnatha untuk menghaturkan doa sekaligus mengucapkan syukur akan kelimpahan rezeki dan kesehatan dari Hyang Widi Wasa.

“Tadi sembahyang dulu di rumah, terus ke sini (Pura Agung Jagatnatha, red). Setelah ini kami mau ke Pura Tambangan yang ada di Pemecutan, sampai siang rencananya kami mau beribadah di lima pura,” papar Nengah Sartini, pemedek asal Karangasem.

Sementara itu, Jero Mangku Made Tantrawan, pengayah Pura Agung Jagadnatha mengatakan, sebelum melakukan persembahyangan ke pura-pura yang ada, pemedek biasanya terlebih dahulu melakukan persembahyangan di rumah atau merajan masing-masing.

“Jadi masyarakat bisa bersilaturahmi dengan anggota keluarga, serta kerabat terlebih dahulu,” katanya seperti dilansir Bali Express (Grup JPNN).

DENPASAR – Ribuan pemedek memadati Pura Agung Jagatnatha, Denpasar, tepat pada Hari Raya Galungan, kemarin (10/2). Sejak fajar menyingsing,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News