Syukurlah, 6 Orangutan Berhasil Diselamatkan

Syukurlah, 6 Orangutan Berhasil Diselamatkan
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - PALANGKA RAYA –Borneo Orang Utan Survival (BOS) Foundation berhasil menyelamatkan enam orangutan hasil selundupan. Enam orangutan itu diselundupkan oknum tak bertanggung jawab dari Kalimantan, khusunya Kalteng.

Empat Orang Utan diambil dari Thailand dan dua lainnya dari Kuwait.

“Hanya saja Junior orang utan asli Kalimantan yang rencana akan diselundupkan ke Kuwait, tapi berkat kerjasama kami dan pihak karantina akhirnya berhasil digagalkan di Bandara Soetta,” beber Kepala BKSDA Kalteng, Nandang Prihadi, Kamis (11/2) pagi.

Berkat kerjasama KBRI Kuwait dan Kementerian LHK akhirnya enam orang utan ini berhasil dikembalikan ke tanah air. Kemarin, keenam orangutan mereka baru sampai di Palangka Raya.

Supaya bisa membawa keenam orang utan yang bernama Warna beserta anaknya Male, Sampit juga bersama anaknya Sawade, Junior (jantan) dan satu lagi yakni Moza (betina), pihak BOS harus menempuh berbagai proses terlebih dahulu.

“Orang utan ini terlebih dahulu kami rehabilitasi di BOS Nyaru Menteng selama sekitar 6 tahun, supaya nantinya mereka bisa dilepasliarkan ke habitat asli mereka,” lanjutnya. (tha/jos/jpnn)


PALANGKA RAYA –Borneo Orang Utan Survival (BOS) Foundation berhasil menyelamatkan enam orangutan hasil selundupan. Enam orangutan itu diselundupkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News